Minggu, 12 Februari 2012

Empati adalah sebuah sikap

Empati adalah sebuah Sikap

Tahukan anda perbedaan antara simpati dan empati? Apa yang paling dibutuhkan dalam sebuah persahabatan, sebuah skill sebagai pendengar yang baik?


Banyak yang mengatakan ketika teman kita mendapat musibah, bahwa kita turut simpati dengan masalah yang terjadi.  Apa artinya?


Simpati adalah memposisikan diri ikut merasakan seperti apa yang dirasakan oleh teman kita. Semantara empati adalah sikap memposisikan diri kita dalam keadaan yang sama...jika kita yang mengalami peristiwa itu..
Membingungkan?


Tidak semua orang mempunyai sikap empati dan bisa ber empati dengan orang lain.  Empati perlu dilatih dan dikembangkan. Apa yang bisa kita lakukan untuk melatih empati diri kita?


1.  Tanamkan dalam pikiran kita bahwa hidup ini kadang diatas kadang dibawah.  Tidak ada perjalanan yang tidak berliku, tidak ada perjalanan yang tidak menikung. life is never flat...orang bilang. Kita harus bisa mensikapi ini secara dewasa.


2.  Masalah yang muncul dalam kehidupan kita, kadang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Mau tidak mau, setuju tidak setuju..kita harus hadapi. Dan itu diperlukan cara berpikir orang dewasa.


3.  Biasakan menghadapi masalah dengan tenang dan sabar.  Percayalah Allah SWT tidak akan membiarkan umatnya dalam keteromabing-ambingan masalah ataupun peristiwa.  Selalu ada rahasia di balik setiap masalah atau peristiwa yang menimpa kita. Jadi...bersikaplah menjadi orang sabar....sabar bukan berarti menyerah, tetapi tetap melakukan segala upaya namun hasilnya kita pasrahkan kepada Allah SWT.


4.  Belajar lebih banyak mendengar ketika ada teman kita bercerita. Posisikan diri kita sebagai teman kita, Jika kita dalam posisi yang sama...apa yang kita rasakan.  Jika anda bisa memposisikan diri seperti itu, anda akan lebih banyak mendengar dan merasakan apa yang dia rasakan, juga mengerti dengan sikap yang dia lakukan pada saat itu.


5.  Jika teman kita meminta nasehat..berilah beberapa alternatif dengan komunikasi yang baik.  Karena tidak semua saran-saran kita akan bisa dilaksanakan atau disetujui oleh teman kita. Latihkan untuk ber demokrasi, bicaralah dari hati ke hati.


6.  Selalu jaga komunikasi, agar tetap terjalin silaturahmi yang baik.


Tidak semua orang bisa ber empati dengan baik, tetapi bukan berarti tidak bisa kita lakukan. Semua orang pasti bisa, hanya mau atau tidak mau melatih empati kita

Cara Psikologis Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong


Tidak perlu detektor canggih untuk mengetahui jika kekasih Anda atau orang yang sedang berbicara dengan anda sedang berbohong atau tidak. Cukup perhatikan gerak-geriknya seperti yang disarankan Cosmopolitan berikut ini. Dan bagi para pembohong, Anda juga wajib membaca agar bisa memberi gaya tubuh yang lebih terpercaya saat sedang mengarang cerita nanti!
1) Gerakan Mata
Coba perhatikan bagaimana bahasa tubuh si dia saat akan menjawab pertanyaan Anda. Jika matanya bergerak ke kanan, ia sedang berusaha mengingat-ingat kejadian. Tapi jika ia melihat ke atas lalu ke kiri, ia sedang mengarang jawaban yang pas.

2) Bermain hidung dan telinga
Sudah jelas, ia tidak punya alergi apa-apa. Tapi si dia terus-menerus memainkan telinga dan hidung. Mungkin ia sedang alergi bohong! Saat sedang berbohong, darah akan mengalir lebih banyak pada wajah, membuat hidung dan telinga terasa lebih hangat dan menjadi gatal.
 

3) Geser ke kiri, geser ke kanan
Mungkin ia hanya sekadar gugup saat menggeser-geser kursi atau mengetukkan jemari. Tapi sebagai seseorang yang curiga, bisa saja kegugupan ini terjadi karena si dia sedang berbohong.
 

4) Tutup mulut!
Saat seseorang sedang berusaha menghalau kebenaran keluar dari mulut, secara tak sadar ia akan menghalangi mulutnya dengan tangan. Selain itu, si dia mungkin akan menjilat bibirnya sendiri dan berusaha mengalihkan pandangan dari Anda, ke bawah dan ke kanan.
5) Garuk-Garuk Kepala
Saat sedang berbicara jika dia melakukan gerakan seperti garuk-garuk kepala itu tandanya dia sedang memikirkan bagaimana cara menjawab..padahal dia tidak tahu jawaban yang sebenarnya. Pura-pura gatal rambutnya. 

Cukup mudah sebenarnya untuk melihat kebohongan seseorang jika sedang berbicara dengan kita.  Pelajari bahasa tubuh, karena bahasa tubuh bisa mengungkapkan segalanya.
Berdasarkan hasil penelitian, bahasa tubuh sangat significant mempengaruhi ekspresi kita baik ketika berinteraksi dengan orang lain, bahkan ketika kita berpromosi untuk bisnis maupun presentasi.


Tips Mencegah Stress berkelanjutan

Orang sekarang katanya sepertinya mudah sekali stres. Mungkin ini karena semakin tingginya tuntutan. Baik tuntutan dari tempat kerja anda atau tuntutan kehidupan sosial dari sekitar kita. 

Tempat kerja menuntut agar produktivitas kerja meningkat agar target perusahaan tercapai. Kebutuhan keluarga makin meningkat, sementara “kemampuan” masih tetap.
Kalau segala macam tuntutan itu tidak mampu di-management dengan baik, stress mudah timbul. Bagaimana tips management stress agar anda terhindar dari serangan stres?

Beberapa tips management stress berikut ini bisa langsung anda action-kan mulai hari ini juga.
1. Tidur cukup
Kurang tidur merupakan salah satu sebab terbesar seseorang terjangkit stres. Mungkin karena harus kejar deadline pekerjaan yang bertumpuk sampai harus mengorbankan waktu tidur anda.
Sesekali boleh saja anda lemburan, tapi jangan keterusan dan kompensasikan kekurangan tidur anda itu. Kalau anda keseringan melanggar jatah waktu istirahat anda, pasti tubuh anda akan “berontak”. Akibatnya waktu pagi hari wajah anda terlihat kurang fresh, kantung mata menggantung, stamina pun kurang bugar.
Berapa waktu ideal tidur setiap harinya? Kalau kata pakar sekurang-kurangnya kita butuh waktu tidur minimal delapan jam. Namun saya percaya anda yang paling tahu kebutuhan tidur anda.
Sebagai pedoman, gampangnya begini. Kalau waktu bangun anda merasa badan anda kurang segar, itu tandanya kalau anda masih kurang tidur. Tapi kalau sudah segar berarti waktu tidur anda cukup. Namun pedoman di atas jangan anda jadikan alasan buat tidur berlebihan ya [Image] karena efeknya pasti juga sama tidak baiknya.
Tidur yang cukup (dan bukan berlebihan) itu ikut membantu mengurangi tingkat ketegangan atau stress tubuh anda. Kebiasaan begadang juga membahayakan kesehatan organ hati anda. Penyakit hepatitis mengancam kesehatan anda.
2. Olahraga cukup
Olahraga yang cukup itu pun bisa membantu mengurangi ketegangan anda. Biar tidak suntuk selalu berada di depan layar monitor untuk menjalankan bisnis , lakukanlah olahraga. Berolahraga membantu anda lebih sehat, meningkatkan energi dan stamina anda, membuat pikiran lebih fresh–sehingga anda bisa bekerja  lebih baik—dan membuat tidur lebih pulas. [Image]
Kalau anda belum rutin olahraga, saya sarankan mulai minggu ini. Bisa dimulai dengan olahraga kecil seperti jalan-jalan, lari pagi, atau naik sepeda keliling sekitar lingkungan rumah anda. Boleh juga kembali melakukan olahraga kegemaran yang sudah lama tidak anda lakukan.
3.  Makan teratur
Gara-gara telat makan akibat terlalu fokus memikirkan pekerjaan anda bisa berakibat fatal dan meningkatkan potensi terkena stress. Makanlah makanan bergizi secara teratur. Jangan sampai karena terlalu asyik bekerja, anda jadi lupa atau telat makan. Tidak tertib makan bisa berakibat fatal bagi kesehatan anda. Penyakit pencernaan yang menurut informasi sebagai awal mula berbagai penyebab penyakit kronis mengancam anda.  Luangkan waktu untuk makan sesibuk apapun anda. Tubuh anda perlu asupan karbohidrat dan protein yang cukup untuk menjalani hari-hari sibuk anda.
4. Musik
Suara musik mampu membuat tubuh anda terasa lebih enteng. Anda bisa dengarkan musik untuk mengurangi ketegangan tubuh anda. Cobalah dan biarkan tubuh anda bergoyang mengikuti irama musik. Dendangkan juga syair lagunya…  Musik bisa membuat kita fresh, dan hidup lebih hidup.  Jadikan musik sebagai selingan rutin dalam keseharian anda. Hidup kadang perlu hiburan untuk memberikan keseimbangan pikiran, dimana kadang kitamerasakan letih dalam melakukan segala aktivitas dan lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar