Rabu, 25 April 2012

Wapres Akui Pengelolaan Otda Masih Tumpang Tindih


Wapres Akui Pengelolaan Otda Masih Tumpang Tindih
Penulis : Fidel Ali Permana
Rabu, 25 April 2012 14:31 WIB     
 komentar
JAKARTA--MICOM: Wakil Presiden Boediono mengakui pengelolaan otonomi daerah (otda) selama ini masih banyak yang tumpang tindih. Boediono berjanji akan melakukan perbaikan terkait pengelolaan otda sebelum jabatannya berakhir.

"Masih banyak hal yang belum pas antara pengelolaan otonomi daerah di pusat dan daerah. Kita harus jujur mengakui itu, tapi bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa," kata Boediono ketika menyampaikan sambutan dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah XVI 2012 di Hotel Borobudur, Rabu (25/4).

Boediono menilai adanya kelemahan atau tumpang tindih dari pengelolaan otda maka dibutuhkan perbaikan. Ia menyebut perbaikan terhadap pengelolaan otda yang tumpang tindih itu akan diselesaikan sebelum masa jabatannya berakhir pada 2014 mendatang.

"Kita selesaikan dalam waktu dekat masalah itu sehingga tidak ada lagi yang abu-abu soal desentralisasi pelaksanaan otda ini di akhir masa jabatan. Saya ingin saat berakhir tugas bisa mewariskan lebih baik lagi, sehingga estafet bisa lebih baik," ucap Boediono.

Boediono menyebut tumpang tindih otda yang dinilainya masih perlu diperbaiki dan masih abu-abu tersebut yakni tugas dan kewenangan atau hak dan kewajiban antara pusat dan daerah.

Menurut Boediono dua permasalahan itulah yang menyebabkan terjadinya tumpang tindih dalam pengelolaan otda.

"Jadi menurut saya tugas kita bersama adalah menjabarkan lebih lanjut secara rinci kewenangan apa yang bisa dijabarkan di pusat dan daerah dan hubungan kewenangan kaitan tanggung jawab yang mana. Ini tanggung jawab kita semua agar lebih baik," terang Boediono. (Fid/OL-12)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar