Senin, 30 April 2012

Menparekraf: Betawi Masih Punya Potensi


Menparekraf: Betawi Masih Punya Potensi

Sosbud | Minggu, 29 April 2012 22:23 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu meyakini sejumlah destinasi khas Betawi akan banyak disukai oleh wisatawan.

"Betawi sangat kaya akan bermacam-macam aspek budaya, termasuk destinasi wisata. Saya yakin sejumlah destinasi khas Betawi akan banyak digemari oleh wisatawan," kata Mari dalam acara 'Betawi Punye Gaye' di Bentara Budaya, Jakarta, Ahad (29/4).

Menurut Mari, Betawi memiliki beberapa destinasi khas yang bisa bisa dikunjungi oleh wisatawan, sekaligus memperkaya ilmu pengetahuan tentang Betawi, misalnya Rumah si Doel yang terletak di Jombang, Ciputat, Tangerang.

"Tidak hanya itu, ada juga Kawasan Wisata Kota Tua, Kampung Rawa Belong dan Setu Babakan yang bisa dijadikan destinasi menarik untuk mempelajari kehidupan Betawi," kata Mari.

Untuk memperkenalkan kebudayaan Betawi secara lebih luas, Mari berencana untuk menjalin kerja sama dengan sejumlah tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Jakarta, seperti pusat-pusat perbelanjaan atau mal.

"Hal ini merupakan alternatif yang mudah dan efektif, karena dapat mendatangkan banyak orang tanpa harus melakukan promosi secara besar-besaran," kata Mari.

Mari mengungkapkan saat ini potensi destinasi khas Betawi semakin diperkuat dengan adanya beberapa pusat kebudayaan, misalnya Bentara Budaya Jakarta dan sebagainya.

"Potensi destinasi khas Betawi sekarang diperkuat dengan pusat-pusat kebudayaan, seperti Salihara, Taman Ismail Marzuki dan Bentara Budaya Jakarta. Tempat-tempat ini akan menjadi lokasi berkumpulnya masyarakat, wisatawan dan seniman Betawi," kata Mari.

Mari menambahkan, warga Jakarta harus lebih peduli terhadap kemajuan Jakarta, termasuk aktif berperan serta dalam memperkenalkan kebudayaan aslinya, yaitu Betawi.(Ant/BEY)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar