Senin, 30 April 2012

Subhan Aksa Ukir 6 Poin untuk Bangsa Indonesia

Subhan Aksa Ukir 6 Poin untuk Bangsa Indonesia

Olahraga | Senin, 30 April 2012 17:25 WIB

BELAJAR dari kecelakaan pada hari ketiga di SS-8 yang membuat Subhan Aksa dan Hade Mboi  tidak bisa menuntaskan lomba hingga SS-13, di hari keempat atau terakhir Rally Argentina pada Minggu (29/4) pereli Indonesia ini meningkatkan kewaspadaan dan berhasil finis di urutan ke-7 dan berhasil mengoleksi 6 poin penting.

Memulai reli hari terakhir dari posisi ke-6 sangat riskan jika ngotot mengejar pereli Italia Gianluca Linari yang sementara menempati posisi ke-5 PWRC karena selisih waktu mereka hampir 12 menit. Sebaliknya, mereka juga harus mempertahankan peringkat ke-6 tersebut.

Pereli tuan rumah E Campos yang menduduki peringkat 7 hanya tertinggal 3 menit 18,1 detik dan tampak agresif untuk menyodok posisi Subhan.

"Karena itu kami akan fokus untuk menjaga ritme saja. Tinggal 6 SS, konsistensi penampilan sangat dibutuhkan sampai garis akhir," ungkap Subhan.

Hal itu diperlihatkannya di SS-14 Matadero-Ambul sebagai ajang pembuka hari keempat yang merupakan SS terpanjang di Rally Argentina, yaitu 65,74 km dan menyediakan banyak lintasan lurus.

Subhan tak mau tergoda untuk tekan gas lebih dalam lagi dan berhasil finis ke-7 klasifikasi PWRC. Tapi, di SS ini Campos mencatat waktu lebih baik, finis di urutan kedua dan defisit waktunya dari Subhan tinggal 1 menit 28,2 detik.


Subhan/Hade pun tak lagi bisa santai. Sama-sama menggeber Mitsubishi Lancer Evo X, duel Subhan – Campos dimulai. Di SS-15 Mina Clavero-Giulio Cesare 1 (17.41km),  Subhan yang start duluan membukukan waktu 18 menit 02,2 detik. Campos finis tercepat di SS ini dengan waktu 17:10,8 sehingga  gap kedua pereli muda ini tinggal 36,8 detik. Subhan sendiri finis 4 Besar di sini.

Di SS-16 pegunungan El Condor-Copina (16,32 km), lagi-lagi Campos finis tercepat dan Subhan finish ke-3 setelah Campos dan Benito Guerra (Meksiko). Waktu keduanya tinggal 7,2 detik. Akhirnya di SS-17 Mina Clavero – Giuliu Cesaro 2, Campos berhasil memgambil alih posisi Subhan. Ia finis ke-3, Subhan ke-5, dan Campos balik unggul 9,9 detik.

Ini kali pertama Subhan terlempar ke urutan 7. Sebelum kecelakaan di SS 8, posisinya selalu di urutan 4  atau 5 overall.

"Kami memang tak ingin memforsir diri karena target sejak awal adalah finis. Alhamdulillah, bisa finis dan juga dapat poin. Ini yang bisa saya dan Hade berikan. Terima kasih kepada manajemen tim dan Bosowa yang telah berjasa mewujudkan hasil ini," papar Subhan.

"Kita sudah melewati 1 seri dan kita sudah bisa lihat perbedaaan dengan pembalap-pembalap lainnya. Untuk seri-seri selanjutnya kita akan mengejar ketinggalan waktu dengan pebalap no 1," tutup Subhan melalui pembicaraan telepon kepada tim di Jakarta Senin (30/4) dini hari.
 
Di kejuaraan umum yang dimenangkan Sebastian Loeb (Citroen World Rally Team), Subhan menempati posisi ke-18 dari 41 starter seri kelima FIA World Rally Championship 2012 ini. Di klasifikasi kejuaraan PWRC sendiri, ia mengantongi 6 poin sebagai finisher ke-7 yang merupakan poin perdananya di PWRC sekaligus poin pertama Indonesia di kejuaraan ini.

Para pereli PWRC yang menempati 5 Besar adalah Benito Guerra (Meksiko), Nicholas Fuchs (Peru), Valeriey Gorban (Ukraina), Marcos Ligato (Argentina), dan Gianluca Linari (Italia).

Ini kemenangan kedua bagi Guerra setelah sebelumnya memenangi ajang serupa di negerinya.
Berikutnya, calon-calon pereli WRC itu akan melakoni lima lagi seri kejuaraan PWRC. Terdekat adalah Acropolis Rally di Yunani, 25-27 Mei mendatang. (MI/ICH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar