Minggu, 29 April 2012

Perayaan Kelulusan Jangan Berlebihan


29 April 2012 | 18:20 wib
Perayaan Kelulusan Jangan Berlebihan
 0
 
  3
 
TEGAL, suaramerdeka.com - 
DPRD Kota Tegal mengimbau kepada seluruh siswa SMP maupun SMA yang akan merayakan kelulusan untuk tidak berlebihan. Untuk antisipasi dini pihaknya juga meminta Dinas Pendidikan untuk segera melayangkan surat ke masing-masing sekolah agar mengawasi siswanya yang akan merayakan kelulusan.
"Kami berharap, perayaan kelulusan yang tidak bersifat edukatif bisa ditinggalkan. Lebih baik merayakannya dengan cara yang positif. Seperti tasyakuran atau doa bersama," ujar Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Tegal, Eny Yuningsih SH, Minggu (29/4).
Menurut dia, daripada baju seragam dicoret-coret, lebih baik disumbangkan ke siswa lain yang lebih membutuhkan. Dengan demikian, adanya aksi hura-hura, konvoi serta tawuran antarpelajar yang selama ini terjadi bisa dicegah. "Kami menyarankan kepada pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan agar berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Hal itu terkait antisipasi adanya konvoi pelajar yang selama ini sudah seperti budaya," katanya.
Eny mengatakan, maraknya aksi ugal-ugalan yang dilakukan oleh kelompok bermotor di sejumlah daerah akhir-akhir ini juga sudah menjadi ancaman serius bagi pengguna jalan lainnya. Karena itu, Dinas Pendidikan juga harus berusaha untuk terus melakukan perbaikan sistem dan karakter pendidikan. Sebab, kencenderungan para pelajar suka membentuk kelompok bermotor.
Terkait hasil evaluasi pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA maupun SMP, pihaknya menilai secara penyelenggaraan lebih baik dibanding tahun lalu. Dengan demikian, pihaknya optimistis angka kelulusan baik SMP maupun SMA, lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Sesuai data Dinas Pendidikan jumlah siswa yang mengikuti UN tahun 2012, untuk tingkat SMA atau MA yang dilaksanakan 16 April 2012 sebanyak 2.149 siswa. Siswa tingkat SMK sebanyak 2.609. Sedangkan tingkat SMP atau MTS dilaksanakan 23 April 2012 diikuti 4.969 siswa.
( Wawan Hudiyanto / CN27 / JBSM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar