Minggu, 22 April 2012

Gelar Kegiatan Minum Obat Penambah Darah


SUARA PANTURA
22 April 2012
Gelar Kegiatan Minum Obat Penambah Darah
  • Hari Kartini di Stikes Muhammadiyah
 0
 
  0
SEKITAR 400 orang, kemarin (21/4)  pagi, bekumpul di halaman Kampus I Sekolah Tinggi Ilmu Ke­sehatan (Stikes) Muham­madi­yah di Jalan Raya  Pekajangan, Kedung­wuni, Kabupaten Pekalongan. Me­re­ka adalah mahasiswi, dosen, dan kar­yawan Stikes yang sengaja ber­kum­pul untuk merayakan per­ingatan Hari Kartini. 

Namun mereka tak menggunakan sanggul dan berdandan seperti yang biasa dilakukan oleh mereka yang merayakan Hari Kartini. Mereka ber­kumpul di halaman, tangan kiri me­me­gang tablet tambah darah, dan ta-ngan kanan me­megang gelas plastik air putih. Setelah dikomando mereka sere­n­tak minum tablet tambah darah.

Aksi minum tablet tambah darah serentak dilakukan untuk mengenang RA Kartini yang pernah mengalami pendarahan hingga wafat. Kegiatan diawali dengan upacara pada pukul 07.00 dipimpin Seksi Bidang kemahasiswaan Stikes Nina Zuhana. 

Setelah upacara selesai, Nina kemudian memberikan komando agar semuanya serentak minum tablet tambah darah untuk menan­dai sosialisasi kepada para wanita agar sadar untuk memperhatikan kesehatan dirinya.

Tambah Darah

"Kegaitan ini bertujuan menyo­sialisasikan pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah, khususnya saat para wanita sedang menstruasi," ujar Ketua Panitia Nur Intan Kusuma.
Saat menstruasi para wanita kata dia kehilangan banyak darah. Jika tidak dibantu dengan tablet tambah darah maka bisa mengalami anemia yang bisa membahayakan. "Jadi saat menstruasi sebaiknya minum tablet tambah darah sekali sehari" jelasnya.

Menurut Intan, kegiatan itu digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ke­bi­danan (Hisdan) Stikes Mu­ham­madiyah Pekajangan. Selain meng­gelar aksi minum tablet tambah darah serentak, Hisdan juga menggelar roadshow ke 11 sekolah utnk memberikan tablet tambah darah sekaligus menyosialisasikan pentingnya pemberian tambah darah pada wanita khususnya saat menstruasi. (Mu­ham­mad Burhan-88)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar