Sabtu, 21 April 2012

Jadikan Batik Batam Ingatan Dunia


Jadikan Batik Batam Ingatan Dunia

Incredible Model Hunt Batam 2012

BALOI -- Seperti daerah lain di Indonesia, Batam juga memiliki batik khas yang mencirikan daerah ini. Nama-nama batik khas Batam seperti Batik Gonggong, Batik Barelang dan Batik Awan Laras pelan-pelan, mulai dikenalkan ke dunia internasional.

Guna menopang keinginan agar batik khas Batam mendunia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam telah menggelar pameran batik di BCS Mall, Minggu (15/4) lalu. Dalam pameran tersebut turut ambil bagian model-model terbaik Batam, bahkan model internasional asal Rusia. Selain itu, juga ada rombongan model Jakarta yang bernaung di bawah bendera Spazio Model's Inc.

Lenggak-lenggok para model cantik di atas catwalk, kontan menarik antusiasme pengunjung salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Batam itu. Puluhan fotografer dan sejumlah pengunjung seolah tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, mengabadikan momen menarik tersebut.

Kepala Disparbus Kota Batam Yusfa Hendri menyatakan, disamping memberikan wadah bagi model nasional dan internasional mengenakan rancangan busana dengan bahan dasar batik khas Batam, pameran ini juga dalam rangka mengangkat batik daerah ke masyarakat dan wisatawan mancanegara.

"Batam sudah mengembangkan dan mematenkan batik daerah, seperti Batik Gonggong, Batik Barelang dan Batik Awan Laras. Di tingkat Asean, Batam juga telah ditetapkan sebagai tempat promosi batik Asean," ujarnya saat menerima rombongan Spazio Model's Inc di Kantor Disparbud, Senin (16/4).

Tak hanya ke dunia luar, pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemko Batam, setiap hari Jumat juga sudah digalakkan untuk memakai batik. Hal itu untuk mendorong industri batik di Indonesia khususnya di Batam lebih bergairah dan kreatif dalam memperluas pasarnya.

"Kami mengimbau, para pelaku pariwisata dan karyawannya juga menggunakan seragam batik pada hari-hari tertentu. Seperti pelaku pariwisata atau karyawan di hotel, restauran ataupun mall," imbuhnya.

Salah satu desainer Batik Batam, Martin menyatakan, motif batik yang dikembangkan di Batam merupakan motif batik Melayu. Motif ini diambil dari tempat atau nama-nama terkenal yang ada di Batam seperti Barelang.

"Motif ini banyak dijumpai di Batam, seperti motif Batik Barelang ataupun Batik Gonggong" ujarnya.

Sementara itu, Direktur Spazio Model's Inc, Mr Tan Song Pan mengatakan, dalam "Incredible Model Hunt Batam 2012" ini, diharapkan kawula muda Batam dapat menyalurkan bakatnya baik di dunia modeling, nyanyi maupun acting. Spazio mempunyai misi untuk mempromosikan Indonesia ke dunia Internasional, dengan melakukan road show ke seluruh Indonesia dan Batam dipilih untuk cabang Spazio  untuk pertama kalinya.

Menurutnya, Kota Batam sangat strategis, karena dekat dengan Singapura dan Malaysia. Karenanya, Spazio ingin mengenalkan bahan-bahan tradisional seperti batik dan songket kepada kawula muda agar bahan tradisional itu lebih familiar.

"Motif Batik Batam ringan, dapat digunakan dalam berbagai suasana baik casual, formal maupun resmi," katanya.

Ditambahkan Yusfa, Disparbud Kota Batam berencana akan mengadakan Batam fashion week dimana akan menghadirkan para desainer kondang baik dari lokal (Indonesia) maupun dari luar negeri. Uniknya, pagelaran akan diadakan di laut, bukan lagi di kereta api atau di jalan tapi di pelantar.

"Semoga rencana tersebut dapat benar-benar dilaksanakan. Dengan demikian, kita harapkan Indonesia khususnya Batam dengan batiknya yang khas bisa menjadi ingatan dunia," katanya. (wan/ybt)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar