Kamis, 26 April 2012

DPRD Brebes Apresiasi APBD Dan Pembentukan KKR



Kantor Berita Radio Nasional


Sekali Di Udara Tetap Di Udara

DPRD Brebes Apresiasi APBD Dan Pembentukan KKR

Kamis , 26 April 2012 14:29:19

Oleh : Rino Kartono Mawardi

 
KBRN, Kubu Raya: DPRD Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah memberi apresiasi terhadap komposisi APBD Kubu Raya TA 2012 yang membagi secara adil antara belanja langsung dan tidak langsung.
Mereka melihat hal itu menunjukan antara eksekutif dan legislatif dalam menyusun dan mensahkan APBD lebih pada pro rakyat. Hal itu terungkap ketika sekitar 18 orang anggota DPRD Brebes yang didalamnya juga diikuti Pansus Lkpj melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kubu Raya, Kamis (26/4).
Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Brebes, DR. Illia Amin, MM,Pd itu juga menyatakan salutnya terhadap proses pembentukan Kubu Raya atas hasil pemekaran dari Kabupaten Pontianak.
"Pembentukan Kubu Raya merupakan aspirasi dari masyarakat bawah. Pada saat itu tidak ada kepentingan pribadi, golongan, maupun kelompok. Semua masyarakat di Kubu Raya menginginkan dimekarkan agar adanya pemerataan pembangunan," jelas Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Ir. Usman yang juga didampingi Wakil Ketua Musni Khalib, serta anggota Muhaini, Jauhari, Syaiful Anwar, Syahdan, Masudi, dan A. Rani.
Disebutkan Usman, kala itu semua unsur elemen masyarakat saling mendukung untuk bersama-sama berjuang tanpa pamrih membentuk Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2007.
"Jadi sekarang ini usianya sudah menginjak hampir lima tahun. Jumlah penduduknya lebih dari 500 ribu jiwa. Mereka tersebar di 110 desa dan 9 kecamatan," ungkapnya.
APBD Kubu Raya Tahun Anggaran 2012 ini, disebutkan Usman, lebih dari Rp 800-an miliar dengan komposisi 51,64 persen untuk belanja langsung dan 48,36 persen untuk belanja tidak langsung.
"Pendapatan kita dalam setahunnya sekitar Rp55 miliar. Kebetulan juga Senin kemarin Bapak Bupati sudah menyampaikan Lkpj. Dan sekarang sudah masuk dalam pembahasan pansus," urai Usman lagi.
Mendapat penjelasan itu Ketua DPRD Bebes Provinsi Jawa Tengah, DR. Illia Amin, MM,Pd menyatakan salut dengan Kubu Raya yang masih baru.
"Kami kabupaten yang sudah lama, kompossi APBD nya 70 : 30. Dengan nilai APBD Rp1,2 triliun. Kondisi inilah yang membuat kami sulit membangun infrastruktur," ungkap Illia.
Apalagi, disebutkannya jumlah penduduk Kabupaten Brebes lebih dari 1,4 juta atau tiga kali lipat dari Kubu Raya. Akses antara satu desa dengan desa lainnya masih sangat terlalu jauh sehingga terkadang sulit terjangkau. Karena itu, rencananya Kabupaten Brebes akan dimekarkan menjadi kabupaten baru lagi.
"Untuk itu kedatangan kami ke sini belajar dari Kubu Raya tentang proses pemekaran. Mudah-mudahan bisa menjadi acuan kami di sana untuk mencobanya," tutur Illia. (Rino/DS)
(Editor : Agus K Supono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar