Jumat, 27 April 2012

Stok Langka, Harga Bibit Bawang Merah Tembus Rp 15.000/ Kg


27 April 2012 | 14:05 wib
Stok Langka, Harga Bibit Bawang Merah Tembus Rp 15.000/ Kg
 0
 
  0

BREBES, suaramerdeka.com -
 Harga bibit bawang merah di Kabupaten Brebes pada musim tanam kali ini melonjak tajam. Bahkan, kenaikannya itu mencapai tiga kali lipat, harga bibit yang semula hanya Rp 4.500/ kg kini menembus Rp 15.000/kg.
Sugito (48), petani bawang asal Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes menuturkan, kenaikan harga bibit itu dipicu karena stok di pasaran langka. Sementara, permintaan dari petani tinggi karena sedang musim tanam. Akibatnya, petani kesulitan mendapatkan bibit. "Sudah sepekan ini harga bibit terus naik, dan kini sudah mencapai Rp 15.000/ kg dari semua hanya Rp 4.500/ kg," ujarnya.
Menurut dia, kenaikan harga bibit itu membuat petani bawang menjerit. Pasalnya, secara langsung menyebabkan biaya tanam membengkak. Dari biaya bibit saja, naik hingga tiga kali lipat. Padahal, untuk lahan satu bau minimal membutuhkan bibit sebanyak 16 kuintal. "Jika tanam bawang satu bau, untuk harga bibit saat ini saya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 24 juta, belum biaya lainnya seperti pupuk dan pengolahan lahan. Padahal, sebelumnya hanya butuh biaya bibit Rp 7,2 juta," terangnya.
Dia mengungkapkan, kelangkaan bibit saat ini terjadi karena petani tidak bisa menyetok dari hasil panen sebelumnya. Sebab, pada musim tanam sebelumnya banyak lahan yang gagal panen akibat terserang hama dan pengaruh cuaca buruk. Ketika petani bisa menyetok bibit sendiri, mereka tidak kesulitan dan harga bibit saat ini tidak melonjak seperti sekarang.
( Bayu Setiawan / CN32 / JBSM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar