Rabu, 25 April 2012

Brebes perlu Dimekarkan Jadi Kabupaten dan Kota


Brebes perlu Dimekarkan Jadi Kabupaten dan Kota
Penulis : Supardji Rasban
Senin, 23 April 2012 06:18 WIB     
 komentar
BREBES-MICOM: Kabupaten Brebes Jawa Tengah, membutuhkan seorang bupati yang kreatif dan adil untuk membawa daerah tersebut lebih maju. Salah satu caranya dengan memekarkan menjadi Kabupaten dan Kota Brebes.

Hal itu mengemuka dalam Sarehan Alim Ulama, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes), Tokoh Masyarakat, Organisasi Massa se-Kabupaten Brebes di Ponpes Al Hikmah 1 Benda, Kecamatan Sirampog, Minggu (22/4) malam.

"Adil dalam pengertian akhlak yang baik dan kreatif artinya berani punya mimpi untuk menjadikan Brebes lebih baik", ujar Taufiqurrohman Sahuri, anggota Komisi Yudisial, yang menjadi narasumber dalam sarasehan tersebut.

Menurutnya, kreativitas sangat perlu bagi seorang pemimpin atau calon bupati. Artinya kreativitas untuk membela rakyat, untuk membangun pedesaan-pedesaan. Seperti kreatif dalam mengelola APBD untuk yang paling prioritas dan yang tidak prioritas dialihkan pada yang lebih prioritas, seperti yang dilakukan oleh Bupati Purwakarta. "Jadi rakyat jangan sampai memilih calon bupati yang hanya ingin menjadi bupati, jika itu terjadi maka akan sangat rugi," ujar Taufiq.

Menurut Taufik, kreativitas dalam konteks pembangunan di Brebes, yakni harus bisa memindahkan kantor pemerintahan ke selatan atau di Desa Sitanggal, Kecamatan larangan. Dengan pindah ke selatan, otomatis nantinya akan ada kemajuan di sekitarnya dan akan menimbulkan keramaian ekonomi di sekitarnya.

"Bisa dipastikan akan tumbuh perumahan-perumahan untuk pegawai-pegawainya. Akan tumbuh bangunan-bangunan ruko dan sebagainya. jalan akan dibangun lebih lebar lagi," terang Taufiq.

"Mungkin lima tahun programnya fisik, terus nanti kalau baik akan dipilih lagi dan programnya akan mendirikan kabupaten di Bumiayu ini," ucap Taufiq.

Mengenai komposisi utara - selatan untuk Bupati dan Wakil Bupati Brebes tidaklah begitu penting, asalkan bisa menemukan kriteria bupati yang adil dan kreatif.

"Tapi kalau bupatinya hanya duduk biasa dan mengikuti irama yang ada selama ini yang monoton, ya Brebes akan seperti ini terus," tegas Taufiq.

Seperti diketahui, Kabupaten Brebes akan menggelar pemilihan umum kepala daerah (pemilu kada) pada 7 Nopember 2012. (JI/OL-10) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar