Senin, 30 April 2012

Jalan Transnasional Rusak - Pantura Brebes Belum Tertangani


Seputar Indonesia
Jalan Transnasional Rusak - Pantura Brebes Belum Tertangani
PDFPrint
Monday, 30 April 2012
BREBES – Kerusakan jalur transnasional Brebes-Tegal-Pemalang sampai sekarang belum juga tertangani secara maksimal.Kondisi itu menyebabkan kendaraan terhambat saat melintas.


Kerusakan jalan itu antara lain,permukaan jalan yang penuh lubang dengan diameter sekitar satu meter dengan kedalaman 20-30 centimeter. Selain itu,permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang. Salah satu pengguna kendaraan,Mufit, 34, warga Weleri, Kendal mengaku setiap kali mengendarai truk di jalan sepanjang Brebes hingga Pemalang, dirinya terpaksa harus berhati-hati dan memperlambat laju kendaraan. Sebab, bila kecepatannya tetap dipacu tinggi, maka bisa mengakibatkan as patah sampai ban bocor.

“Kondisi jalannya payah. Bisa dilihat sendiri parahnya kerusakan yang terjadi di Jalan Brebes atau Tegal,”katanya saat berhenti di salah satu bengkel ban di Brebes,kemarin.. Pengguna kendaraan memang terlihat mengurangi laju kendaraan saat hendak melintasi permukaan jalur rusak.Seperti yang tampak di Jalan A Yani Brebes. Lubang dan permukaan bergelombang membuat kendaraan melintas zig-zag. “Kalau tidak begini (zigzag), bisa-bisa kami terjerembab jalan berlubang terus,” ucap salah satu sopir truk,Abdul Muis,45,asal Rembang.

Pantauan di lapangan, para pengemudi kendaraan yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman Brebes dan masuk ke Kota Tegal juga harus berhadapan dengan jalan rusak.Seperti di Margadana dan Jalan Yos Sudarso. Begitu juga saat melintasi Kabupaten Tegal di Dampyak, Kramat, Maribaya, Suradadi dan ke timur masuk ke Pemalang.

Jalan rusak mudah sekali ditemui. Pejabat Pembuat Komitmen Losari-Brebes selaku pihak perwakilan Balai Pelaksana Teknis Bina Marga Jateng Wilayah Tegal,Henugroho mengatakan, untuk penanganan jalan rusak sampai saat ini masih terus dilakukan.

“Semisal dengan melakukan pemeliharaan rutin terus menerus dengan tambal ban lubang,” kata Henugroho.Untuk perbaikan jalan, kata dia, seperti di Jalan A Yani dan Jalan Gajahmada Brebes rencananya dilakukan pada Mei 2012 mendatang. akrom hazami

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar