Jumat, 27 April 2012

Meski Sulit, Subhan Siap Bertarung di Reli Argentina


Kamis, 26 April 2012 17:33 WIB
Persiapan PWRC Argentina

Meski Sulit, Subhan Siap Bertarung di Reli Argentina

Pereli asal Indonesia yaitu Subhan Aksa dan navigatornya Hade Mboi, akhirnya tiba di Argentina dan memulai kiprahnya di ajang reli mobil tingkat internasional, yaitu di Rally Argentina, yang bakal digelar pada 27-29 April 2012. Total jarak tempuh mencapai 1.800 km dan 500 km di antaranya menjadi 19 jalur SS (special stages). Inilah event WRC (World Rally Championship) terpanjang dan terganas setelah Safari Rally (Kenya) pada 2002.

Pasangan juara Indonesia ini, sudah menjalani tiga hari survey (Senin 23/4 – Rabu 25/4) dengan total jarak 1.800 km dan merasa enjoy meski memakai mobil Toyota Hilux double cabin. Seperti yang dikatakan pereli top dunia seperti Sebastien Loeb (Citroen) dan Peter Solberg (Ford), Subhan dan Hade pun sudah bisa merasakan betapa berat tantangan yang bakal dihadapi oleh driver maupun mobilnya.

“Banyak lintasan berbatu yang berpotensi merusak mobil. Untuk mencapai finish saja pasti membutuhkan kerja ekstra keras. Tantangan lain adalah kabut dan udara tipis, karena balapan ini di daerah pegunungan. Di beberapa lokasi jarak pandang hanya 10 -20 meter. Jika dibandingkan dengan Kejurnas di Langkat lalu, ini tiga setengah kali lebih berat. Alhamdulillah, fisik dan mental sudah siap,” ujar Subhan.

Hade menambahkan sejauh ini tak ada kendala teknis yang menghambat. Mitsubishi Lancer Evo X yang akan digeber Subhan, sudah ditinggikan untuk mengantisipasi trek berbatu. Sementara ini setelan mobil dibuat campuran antara lintasan yang membutuhkan kecepatan tinggi dan trek yang sangat kasar.

“Set up itu akan disempurnakan lagi menjelang lomba. Pacenote (panduan) sudah dibuat semaksimal mungkin untuk mengantisipasi semua kondisi, termasuk kabut,” kata Hade yang sempat ditangkap polisi Argentina pada hari kedua survey karena tidak menyalakan lampu kabut di mobilnya.

Reli Argentina musim ini hanya melombakan dua kategori, WRC dan Production WRC (PWRC). Bertarung di bawah bendera Bosowa Rally Team, ini adalah seri perdana dari enam seri PWRC yang diikuti Subhan. Klasemen sementara PWRC ditempati pereli Michal Kosciuszko (Polandia/Mitsubishi Evo X) dan Benito Guerra (Meksiko/Mitsubishi Evo X) dengan masing-masing poin 40 dan 25. Kosciuszko menjuarai seri perdana Rally Monaco sementara Guerra juara di Rally Meksiko.

Di Argentina, keduanya akan mendapat tantangan serius dari punggawa tuan rumah, Marcos Ligato, yang menggeber Subaru WRX STI. Seperti halnya Subhan yang pernah menjajal PWRC pada 2008, Ligato yang juara nasional Argentina, juga jebolan PWRC 2005 dengan peringkat 3 di kejuaraan dunia musim itu. Seri Argentina juga jadi seri perdana dari enam seri PWRC 2012 yang diikuti Ligato.

Subhan dan Hade sendiri hanya menargetkan finish dan dapat poin di event ini. Itu berarti mereka harus finish di 10 Besar dari 12 kontestan resmi PWRC di Argentina. (otosport.co.id)
Penulis : Uda | Teks Editor : Uda | Foto : Istimewa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar