Kamis, 26 April 2012

Menkes Endang Rahayu Mengundurkan Diri


26 April 2012 | 17:44 wib
Menkes Endang Rahayu Mengundurkan Diri
 0
 
  0
image
JAKARTA, suaramerdeka.com -Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih mengundurkan diri dari jabatannya karena sakit. Pengunduran diri Endang langsung diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menjenguknya di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusomo Jakarta, Kamis (26/4) siang.
Presiden tiba di RSUPN Cipto Mangunkusumo sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam kunjungan tersebut, SBY mengatakan alasan pengunduran diri Endang karena ingin berkonsentrasi kepada pengobatan. Endang sudah tidak kuat lagi menjalankan perannya sebagai Menteri Kesehatan akibat kanker paru-paru yang dideritanya sejak Oktober 2010.
"Ibu Endang memohonkan pengunduran diri kepada saya, saya terharu tetapi saya harus menghormati. Dengan demikian untuk sementara jabatan Menteri Kesehatan sehari-hari dijalankan oleh Wamen beserta pejabat terkait," ujar SBY usai menjenguk.
Sejak mengidap penyakit tersebut, Menkes telah menjalani pengobatan, di dalam negeri dan ke luar negeri. Tubuhnya nyeri, memerlukan pengobatan berupa radioterapi.
Sebelumnya pada Kamis (26/4) pagi beredar rumor di kalangan wartawan bahwa Menkes meninggal dunia, namun rumor itu kemudian dibantah Kementerian Kesehatan. "Tidak benar Menkes telah meninggal. Saat ini beliau masih menjalani perawatan di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta," demikian Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemkes Murti Utami dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (26/4).
Murti menyebut kondisi Menkes saat ini dalam kesadaran baik dan masih terus menjalani perawatan tim dokter untuk perbaikan keadaan umum. "Kini Menkes sedang melanjutkan program rehabilitasi medik serta penanggulangan nyeri setelah terapi radiasi yang dijalani Beliau selesai," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar