Minggu, 29 April 2012

Harga Bibit Bawang Merah di Klaten Naik 300 Persen


Harga Bibit Bawang Merah di Klaten Naik 300 Persen
Penulis : Supardji Rasban
Minggu, 29 April 2012 14:11 WIB     
 komentar
Harga Bibit Bawang Merah di Klaten Naik 300 Persen
ANTARA/Fahrul Jayadiputra/bo
BREBES--MICOM: Memasuki musim tanam, harga bibit bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng) naik hingga tiga kali lipat atau 300%. Kalau harga sebelumnya hanya Rp4.500/kg per Kg, kini melonjak hingga Rp15.000/kg.

Keterangan yang dihimpun mediaindonesia.com Minggu (29/4), kenaikkan harga itu karena stok di pasaran mengalami kekosongan. Sebab, pada musim tanam sebelumnya banyak lahan yang gagal panen akibat terserang hama dan pengaruh cuaca buruk.

"Sebenarnya Kalau petani bisa menyetok bibit sendiri, tidak akan kesulitan dan harga bibit tidak melonjak drastis seperti sekarang ini," ujar Mahfud, petani bawang asal Desa Lemahabang, Kecamatan Tanjung.

Mahfud menyebut petani tidak menyimpan bawang untuk bibit karena semuanya dijual ketika musim panen. "Harganya murah, kalau disimpan petani tidak mempunyai uang untuk kebutuhan sehari hari. Lonjakan harga bibit itu membuat petani bawang menjerit. Sebab, secara langsung menyebabkan biaya tanam membengkak. Dari biaya bibit saja, naik hingga tiga kali lipat. Padahal, untuk lahan Bau (7.500 m2) minimal membutuhkan bibit 16 kuintal.

"Jika tanam bawang satu bau, untuk harga bibit saat ini saja harus mengeluarkan biaya sekitar Rp24 juta, belum biaya lainnya seperti pupuk dan pengolahan lahan. Padahal, sebelumnya hanya butuh biaya bibit Rp7,2 juta," jelas Mahfud. (JI/OL-04) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar