Senin, 30 April 2012

Diduga Malpraktik, Tubuh Warga Pengaradan Melepuh


Diduga Malpraktik, Tubuh Warga Pengaradan Melepuh

Sugihartono

30/04/2012 10:07 | Malpraktik
Liputan6.com, Brebes: Usai mengonsumsi obat gatal-gatal yang diberikan bidan desa, seorang ibu di Brebes, Jawa Tengah sekujur tubuhnya melepuh seperti korban luka bakar. Diduga Turisah menjadi korban malpraktik dan hingga Senin (30/4) masih menjalani perawatan serius di Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda.

Warga Desa Pengaradan, Brebes itu didianogsa terkena alergi obat atau terkena sindrom Stevens-Johnson yaitu penyakit kulit disebabkan alergi atau infeksi. Sindrom ini mengakibatkan kematian pada sel sel kulit sehinga kulit mengelupas.

Awal kejadian menurut pasien saat itu dirinya menderita gatal-gatal dan memeriksa ke bidan desa. Tapi setelah mendapatkan obat dan diminum, tubuh Turisah mengalami demam tinggi. Tak lama kemudian seluruh tubuh melepuh. Dari kulit muka sampai kaki mengelupas.

Sementara Roidah, bidan yang menangani Turisah mengaku saat pasien datang menderita gatal-gatal. Ia hanya memberikan obat CTM serta amoxilin untuk diminum pasien. Roidah mengatakan apa yang dilakukan sesuai prosedur tetap atau protap. Bahkan saat menjalani pemeriksaan kondisi pasien sudah melepuh pada bagian paha.

Keluarga pasien mengaku pasrah. Apalagi suaminya, Rosikin hanya berprofesi sebagai buruh nelayan. Namun keluarga miskin ini berharap agar sang bidan mau bertanggung jawab untuk membantu biaya pasien selama menjalani perawatan di rumah sakit.(AIS)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar