Kamis, 09 Februari 2012

Integrasi Sosial, Etnisitas dan Kemiskinan

Integrasi Sosial, Etnisitas dan Kemiskinan

Masalah integrasi sosial dan etnisitas serta kemiskinan, akan terus dihadapi oleh Indonesia. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Pertama, karakter alamiah Indonesia sebagai negara plural akan selalu melahirkan masalah state and nation buildings. Kedua, masalah ini belum sepenuhnya selesai dan bahkan dipersulit oleh faktor kemiskinan dan kompleksitas hubungan antara masyarakat dan negara. Kesulitan dan masalah akan muncul jika negara gagal mewakili dan memenuhi kepentingan masyarakat yang majemuk tersebut, seperti terlihat dalam beberapa kasus belakangan ini dimana negara tidak hadir dalam berbagai masalah sosial dan konflik/kekerasan di akar rumput. Jadi, dapat dikatakan bahwa integrasi sosial akan terkait dengan kemampuan negara untuk memenuhi kepentingan masyarakat, state-building dan nation-building, serta masalah sosial ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat. Masalah ini telah berkembang makin kompleks karena tekanan globalisasi dan demokratisasi yang melahirkan multi-identitas dan multi-loyalitas.

Integrasi sosial mengadung dua elemen besar yaitu integrasi pada tingkat infrastruktur, berupa unsur-unsur yang hidup dan berkembang dalam masyarakat seperti historic territory atau homeland, common myths dan kolektif memori sejarah, unsur budaya, dan ikatan ekonomi. Unsur kedua adalah integrasi institusional-politis dengan membentuk sistem politik, hukum, dan ekonomi yang mengatur persamaan hak dan kewajiban bagi seluruh anggota.

Kluster kajian tentang integrasi sosial akan mencakup:
  • Politik pembangunan, kesenjangan pusat-daerah, dan kesenjangan antar daerah, serta pengentasan kemiskinan
  • Pemberdayaan masyarakat
  • Conflict management, conflict resolution, post-conflict reconstruction: konflik horisontal dan vertikal
  • Gender, etnisitas dan agama
  • Bangsa (nation), nasionalisme, dan identitas nasional
  • State dan nation-building
  • Birokrasi dan integrasi nasional

Cakupan kluster integrasi nasional menggarisbawahi esensi dari masalah-masalah sosial, ekonomi, dan politik yang sedang adan akan dihadapi oleh Indonesia. Kajian tentang integrasi nasional akan bersifat interdisipliner untuk memberikan sumbangan pengayaan dan penajaman analisis-teoritis serta pemecahan masalah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar