Senin, 05 Maret 2012

Tradisi 'Weh-wehan' Jadi Ajang Silaturahmi

Tradisi 'Weh-wehan' Jadi Ajang Silaturahmi


Danar Widiyanto | Minggu, 5 Februari 2012 | 02:19 WIB | Dibaca: 84 | Komentar: 0
Tradisi weh-wehan Kaliwungu memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW. Foto: Unggul P
KENDAL (KRjogja.com) - Memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW warga Kaliwungu Kendal menggelar tradisi ketuwin atau saling bersilaturahmi dengan bertukar jajanan. Keunikan tradisi yang sudah berlangsung puluhan tahun ini adalah warga bertukar makanan yang ditempatkan di depan rumah. Tradisi yang sering dikenal dengan tradisi weh - wehan atau  dalam bahasa Indonesia berarti saling memberi ini sangat disukai anak-anak.

Tradisi ini membuat suasana kampung-kampung di Kaliwungu selalu ramai saat peringatan Maulud Nabi Muhammad, dan berbeda dengan kampung lain. Kampung ramai dengan warga yang sibuk menyiapkan aneka makanan untuk saling betbagi.

Musyaroh (35) warga Kaliwungu mengatakan bahwa tradisi ketuwin atau lebih dikenal dengan weh wehan sudah ada sejak masa penyebaran agama Islam di pulau jawa khususnya di Kaliwungu. "Disebut weh-wehan karerna warga saling tukar menukar makanan antar tetangga dan saudara," ujar Musyaroh, Sabtu (4/2).

Tradisi tahunan ini membuat anak-anak ceria, mereka berkeliling kampung sambil membawa makanan.  Selain itu pakaian anak-anak juga kebanyakan baru seperti saat lebaran. "Anak anak berpakaian baru berkeliling kampung untuk saling bertukar makanan," lanjut Musyaroh.

Walaupun tradisi ini semakin terkikis jaman, dengan maraknya makanan siap saji, namun warga Kaliwungu tetap mempertahankan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi.

Terpisah Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengatakan, tradisi yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan harus dilestarikan. Bahkan pihaknya berencana akan membangkitkan wisata religi dan tradisi ketuwin bisa dijadikan salah satu wisata tradisi juga.

"Kaliwungu memang pusat agama sehingga kami akan membuat paket wisata religi untuk membangkitkan tujuan wisata di Kendal," ujar Widya. (R-7)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar