Rabu, 14 Maret 2012

Jerman: Batik Ciri Khas Budaya Indonesia


Jerman: Batik Ciri Khas Budaya Indonesia

SURYA.CO.ID
Kedudukan batik saat ini sudah tidak hanya menjadi monopoli masyarakat Indonesia saja, tetapi sudah juga menjadi bagian masyarakat dunia. Duta Besar Republik Federal Jerman, Dr. Norbert Baas mengatakan batik merupakan ciri khas bagi budaya Indonesia.
"Karya seni batik, melalui kekayaan ragam bentuk, motif dan maknanya mempesona setiap pengunjung yang datang ke Indonesia, oleh karena itu batik dapat memainkan peranan penting dalam ekonomi kreatif Indonesia," kata Norbert Baas pada jumpa pers pembukaan pameran Batik Indonesia "Warisan yang Hidup" di Jakarta, Rabu (25/1/2012).
Norbert mengungkapkan bahwa dirinya tertarik pada batik karena kekayaan warna dan ragam dalam batik. "Batik sangat indah, saya pribadi menyukai warna dan motif batik yang penuh imajinasi," kata dia.
Pameran yang mengangkat tema "Warisan yang Hidup" ini bertujuan untuk mengapresiasi batik, gaya seni tradisional Indonesia. Kegiatan yang didukung penuh oleh Goethe Institut dan EKONID (Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman) sebagai salah satu rangkaian acara kebudayaan JERIN atau Jerman Indonesia.
Acara yang digelar di Galeri Nasional Indonesia ini menampilkan karya seni dari seniman batik Eropa terutama dari Jerman dan juga Indonesia. Menurut Norbert Indonesia dan Jerman memiliki banyak kesamaan terutama dalam hal keberagaman dan kreativitas. (ant/jo)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar