Senin, 19 Maret 2012

KADISPORA BUKA SEMINAR KAJIAN SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGA


KABAR KALBAR
KADISPORA BUKA SEMINAR KAJIAN SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGA
Senin, 19/03/2012

Klik untuk ukuran asli
Pada pagi hari ini senin tanggal 19 Maret 2012 telah dibuka secara resmi Seminar Kajian Sekolah Khusus Olahraga oleh KADISPORA Provinsi Kalimantan Barat. Dalam laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kabid. Pemberdayaan Olahraga Bpk. Drs. Sugeng Hariadi, MM adapun peserta kegiatan berjumlah 30 orang terdiri dari Dinas/Instansi terkait Kab/Kota se Kalbar, Perguruan Tinggi, Kepala sekolah, ISORI, Pelatih PPLP/PPLPD.
Adapun tema kegiatan “Melalui seminar kajian sekolah khusus olahraga kita wujudkan kebedaradaan sekolah khusus olahraga di Kalimantan Barat”.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sesuai dengan amanah Bapak Presiden RI bahwa diharapkan semua provinsi memiliki sekolah khusus olahraga maka seminar ini mempunyai tujuan sebagai berikut :
1. Mencari format yang tepat dan masukan dari nara sumber maupun peserta mengenai pola pembinaan olahraga, kurikulum pendidikan dan pola rekruitmen peserta didik serta landasan hukum untuk pendirian sekolah khusus olahraga.
2. Merekomendasikan hasil seminar kepada pemerintah Provinsi dan DPRD Kalimantan Barat untuk dapat mewujudkan berdirinya SKO di Kalimantan Barat.
Nara sumber sebanyak 4 orang :
1. Kemenpora RI
2. Kepala SMP/SMA Ragunan Jakarta
3. Kepala DISPORA Prov. Kalbar
4. Kepala DIKNAS Prov. Kalbar
Dalam sambutannya KADISPORAProv. Kalbar Dra. Hj. Utin Kusumawaty, M.Si menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari UU No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional terutama pasal 25 ayat 6 yakni untuk melahirkan atlet-atlet yang berpotensi dan berprestasi, dalam rangka mewujudkan hal tersebut salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu pendirian sekolah khusus olahraga, dan pada kegiatan ini diharapkan masukan dari para nara sumber dan peserta sehingga SKO berdiri di Kalbar dan meningkatkan prestasi dan kualitas olahraga.
Materi awal disampaikan dari Diknas Provinsi Kalbar yang diwakilkan oleh Ibu Fifi Kasi PAUD dapat disimpulkan sbb :
1. Keberadaan SKO sangat diperlukan dalam rangka memfasilitasi anak yang memiliki bakat istimewa di bidang olahraga di Kalbar.
2. Pembinaan dan pengembangan SKO dilakukan secara terpadu, terarah dan terukur (Diknas, Dispora, KONI, Pengprov, dan instansi terkait lainnya) untuk menjadi atlet-atlet berprestasi tingkat nasional dan Internasional
Materi kedua oleh Kepala Sekolah SMP/SMA Negeri Ragunan Jakarta Ibu Dra. Hj. Djamilah, M.Pd dengan judul materi Metode Pembelajaran dan Kurikulum Pendidikan pada SMP/SMA Negeri Ragunan (Khusus Olahragawan) Jakarta. Dikatakan bahwa kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SMP/SMA negeri ragunan disusun bersama antara Sekolah/Dinas Pendidikan, Kemenegpora, Disorda DKI Jkt, Pengurus Besar Cabor, Pengurus Daerah dengan tetap mengacu kepada kepentingan pendidikan dan prestasi olahraga nasional dengan berpedoman kepada 8 Standar Nasional Pendidikan. (Kus, Dispora)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar