Rabu, 21 Maret 2012


Wisata Budaya dan Religi

  • PDFPrintE-mail
Wisata Budaya dan religi

Brebes mempunyai beragam kesenian tradisional sebagai wisata budaya yang menarik selain tarlling dan jaipong, ada juga kesenian Buroq, Tari Topeng Sinokan, Sisingaan, Kuntulan dan beberapa lainnya.
Mbah Rubi dikenal sebagai orang pertama yang menyebarkan agama Islam di Kabupaten brebes. Makamnya terletak didesa Klampok Kecamatan Wanasari, sekitar 3 km arah barat kota Brebes. Masyarakat Brebes dan Sekitarnya menganggap sebagai makam yang dikeramatkan.
Petilasan Kyai Junedi berlokasi didesa Randusanga Wetan, sekitar 9 km arah utara kota Brebes. Kyai Junedi merupakan salah seorang ulama besar yang ikut menyebarkan agama islam. Beliau mampir Brebes dalam perjalannya dari Demak menuju Cirebon.

Kolam Renang Tirta Kencana

  • PDFPrintE-mail

Kolam Renang Tirta Kencana

Wisata ini beralamat di Desa Gandasuli Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes 52212 dan telp. 08156929556.
Mempunyai fasilitas antara lain : Kolam renang prestasi 100 m, kolam renang anak, kamar bilas Pa/Pi dan kantin.

Tiket Masuk - Rp 2000,00 Hari Biasa
- Rp 3000,00 Hari Libur

Ciblon Waterboom

  • PDFPrintE-mail
Ciblon Waterboom Brebes adalah sebuah tempat wisata wahana air yang terletak di dalam kota Brebes, dibangun diatas tanah seluas 1,5 hektar di Jl. Yos Sudarso.
Sarana yang dimiliki Ciblon Waterboom berupa permainan ember tumpah dengan kedalaman kolam setengahmeter. Selain itu, ada lintasan kolam biasa dengan kedalaman antara 1,5 hingga 1,8 meter juga ada Slider(slorotan) yang memiliki ketinggian hingga 12 meter dan kedalaman kolam sampai 50 hingga 60 meter. Dilengkapi juga dengan fasilitas saunafitnes, senam aerobikcafe. Selain itu terdapat gazebo untuk para pengunjung, kamar ganti dan lahan parkir yang cukup luas.

Agrowisata Kaligua

  • PDFPrintE-mail
Wisata Agro Kaligua
Perkebunan Teh Kaligua
Perkebunan teh Kaligua merupakan kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak Kaligua di Desa PandansariKecamatan PaguyanganKabupaten BrebesJawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian Selatan. Wisata agro Kaligua dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk. Jadi wisatawan yang berkunjung dapat langsung menikmati hangatnya teh hitam (black tea) Kaligua atau dapat membeli sebagai oleh-oleh.

Telaga Renjeng

  • PDFPrintE-mail
Telaga Ranjeng, atau biasa juga diucapkan telaga renjeng berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Telaga Ranjeng merupakan objek wisata air potensial di kabupaten Brebes.
Telaga Ranjeng / Renjeng
Telaga Ranjeng yang dibangun tahun 1924, berada di bawah kaki Gunung Slamet dan merupakan bagian dari kawasan cagar alam milik Perhutani Pekalongan Timur. Cagar alam tersebut memiliki luas empat puluh delapan setengah hektar terdiri dari hutan damar dan pinus yang mengelilingi telaga, yang sebelumnya merupakan tempat mandi para tokoh kerajaan di Jawa.

Pantai Randusanga

  • PDFPrintE-mail
Pantai Randusanga atau yang sekarang lebih dikenal dengan Pantai Randusanga Indah (Parin) berlokasi di Randusanga Kulonsekitar 7 KM ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Obyek wisata ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes yang dibangun sekitar tahun 2001, dan untuk saat ini keberadaannya dikelola oleh Kantor Pariwisata Kabupaten Brebes. Di sepanjang jalan menuju pantai Randusanga akan banyak ditemui perkebunan bawang merah yang terhampar luas, sedangkan mendekati lokasi pantai, akan banyak di temuitambak- tambak yang umumnya digunakan untuk budidaya bandeng dan rumput laut.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar