Selasa, 20 Maret 2012

BULAKAMBA, JUARA LOMBA BACA AL BARZANJI


BULAKAMBA, JUARA LOMBA BACA AL BARZANJI

Written by HumasSelasa, 20 Maret 2012 07:18

  • PDFPrintE-mail
Humas - Grup Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Bulakamba akhirnya menjadi juara pertama dalam lomba baca Al Barzanji tingkat Kabupaten Brebes. Dengan nilai 100, PAC Bulakamba berhasil menyisihkan 16 grup dari berbagai perwakilan kecamatan se-Kab Brebes. Sehingga berhasil memboyong Piala PC Muslimat NU dan sejumlah uang pembinaan.
Juara 2 diraih PAC Ketanggungan (99) dan juara 3 PAC Jatibarang (95). Sedangkan juara harapan 1-3 secara berurut PAC Bantarkawung (91), PAC Larangan (90) dan PAC Sirampog (88). Lomba digelar di aula kantor kementerian agama (kemenag) Kabupaten Brebes Ahad (18/3)
Menurut Ketua Panitia Dra Hj Chulasoh, peserta membacakan Kitab Al Barzanji dalam durasi maksimal 15 menit. Dalam pembacaannya, dibawakan oleh anggota grup yang terdiri dari 9 orang. Masing-masing memegang perannya masing-masing tanpa iringan music. “Banyak yang beranggapan membaca Al Barzanji kuno, padahal di dalamnya ada tuntunan Nabi yang harus kita teladani,” terang Chulasoh.

Untuk mengetahui akhlak Nabi, lanjutnya, maka harus mengetahui sejarah kenabian dan sifat dan sikap yang dilakukan Nabi. Dan sifat dan sikap Nabi diterangkan secara gambling di dalam Kitab Al Barzanji. “Meski tidak 100 persen kita mencontoh akhlak Nabi, tetapi dengan membaca Al Barzanji kita terus diingatkan untuk mencontoh junjangan kita Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.
Lomba digelar dalam rangka memperingati hari lahir (harlah) ke-66 Muslimat NU tingkat Kabupaten Brebes. Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Dra Hj Nurhalimah menjelaskan, selain lomba baca Al Barzanji juga dilakukan kegiatan pelayanan KB Gratis, santunan anak yatim yatim dan orang jompo dan bakti social serta bazar.
Puncak acara harlah direncanakan di pondok pesantren Darussalam Jatibarang Kidul pada Sabtu (31/3) mendatang. Direncanakan Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU Dra Hj Khofifah Indar Parawansa akan hadir. Lebih kurang 10 ribu warga Muslimat NU bakal memeriahkan puncak harlah di ponpes yang diasuh KH Sholeh Basalamah


Muslimat Ajarkan Nilai-Nilai Religius
Ditulis oleh Administrator   
Monday, 19 March 2012
Meski bulan Mulud atau Robiul Awal sudah berakhir, namun kecintaan umat Nabi Muhammad atas kelahirannya masih terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar lomba baca barzanji yang dilakukan Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Brebes. Seperti diketahui, salah satu bentuk kecintaan kepada Nabi Muhammad yang dilakukan warga Nahdliyin adalah dengan membaca Kitab Barzanji.
Kita Barzanji sendiri merupakan kitab yang berisi kisah-kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad yang ditulis Imam Al Barzanji. Biasanya warga Nahdliyin ini membaca kitab itu pada bulan kelahiran Nabi, yakni bulan Robiul Awal atau Bulan Mulud menurut kalender Jawa.
Dalam lomba tersebut, masing-masing Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat NU mengirimkan wakil-wakilnya. Akhirnya dalam lomba itu, grup dari PAC Muslimat NU Bulakamba menjadi juara pertama dalam lomba baca Al Barzanji tingkat Kabupaten Brebes. Dengan nilai 100, PAC Bulakamba berhasil menyisihkan 16 grup dari berbagai perwakilan kecamatan se-Kab Brebes. Sehingga berhasil memboyong Piala PC Muslimat NU dan sejumlah uang pembinaan.
Sementara juara II diraih PAC Ketanggungan (99) dan juara 3 PAC Jatibarang (95). Sedangkan juara harapan 1-3 secara berurut PAC Bantarkawung (91), PAC Larangan (90) dan PAC Sirampog (88). Lomba digelar di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes pada Minggu (18/3).
Ketua Panitia Dra Hj Chulasoh mengatakan, peserta membacakan Kitab Al Barzanji dalam durasi maksimal 15 menit. Dalam pembacaannya, dibawakan anggota grup yang terdiri dari 9 orang. Masing-masing memegang perannya masing-masing tanpa iringan music. “Banyak yang beranggapan membaca Al Barzanji kuno, padahal di dalamnya ada tuntunan Nabi yang harus kita teladani,” terang Chulasoh.
Untuk mengetahui akhlak Nabi, lanjutnya, maka harus mengetahui sejarah kenabian dan sifat dan sikap yang dilakukan Nabi. Dan sifat dan sikap Nabi diterangkan secara gamblang di dalam Kitab Al Barzanji. “Meski tidak 100 persen kita mencontoh akhlak Nabi, tetapi dengan membaca Al Barzanji kita terus diingatkan untuk mencontoh junjungan kita Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.
Lomba digelar dalam rangka memperingati hari lahir (harlah) ke-66 Muslimat NU tingkat Kabupaten Brebes. Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Dra Hj Nurhalimah menjelaskan, selain lomba baca Al Barzanji juga dilakukan kegiatan pelayanan KB Gratis, santunan anak yatim dan orang jompo dan bakti sosial serta bazar.
Puncak acara harlah direncanakan di Pondok Pesantren Darussalam Jatibarang Kidul pada Sabtu (31/3) mendatang. Direncanakan Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU Dra Hj Khofifah Indar Parawansa akan hadir. Lebih kurang 10 ribu warga Muslimat NU bakal memeriahkan puncak harlah di ponpes yang diasuh KH Sholeh Basalamah tersebut. (harviyanto)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar