Kamis, 15 Maret 2012

Pembicaraan:Budaya Indonesia


Pembicaraan:Budaya Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saya ingin bertanya kepada rekan Borgx, apa yang meng-indikasikan penghapusan suntingan kecil sebelumnya? Saya pikir itu tidak melanggar Pranata Penulisan WIKIPEDIA kan? Justru memperkaya wikipedia? salam, – komentar tanpa tanda tangan oleh quicchote (b • k) pada 25 Juli 2008 13:40.
Kalau saya tidak salah, Anda bermaksud menambahkan referensi definisi Kebudayaan Indonesia ke suatu pranala luar, tetapi di dalam pranala luar yang dimaksud saya lihat tidak ada yang membahas definisi Kebudayaan Indonesia, makanya dihapus. Harap diperhatikan, Wikipedia bukanlah kumpulan pranala luar. borgx(kirim pesan) 06:46, 25 Juli 2008 (UTC)
Lebih baik wiki Anda itu (http://www.budaya-indonesia.org/) yang notabene berbentuk wiki juga, isinya disalin ke sini saja, bung. – (-_-)Vbennylin (404 • sumbangan) 07:25, 25 Juli 2008 (UTC)
Situs itu tidak berbicara tentang "kebudayaan indonesia"? Justru ketika ada kalimat yang menunjukkan diversitas budaya terkait dengan definisi kebudayaan indonesia itu, maka saya tambahkan pranala luar yang menunjukkan keberagaman itu. Lagi pula, itu bukan wiki saya, bung, tapi saya mendukungnya dan saya pikir berbeda konsep visi "wiki"-nya budaya indonesia itu dengan wikipedia itu, jadi gak mungkin semudah itu "menyalin-nya" seperti kata anda. Ada creative commons di wikipedia dan ada NCHSL di budaya-indonesia.org. Saya pikir kita semua perlu mendukung budaya indonesia, bung, sama seperti kita semua tentu mendukung upaya diseminasi pengetahuan melalui wikipedia. Kita sangat mendorong kemajuan Wikipedia Indonesia...
Membahas kebudayaan iya, membahas definisinya tidak. Anda tidak menyimak kalimat saya di atas. borgx(kirim pesan) 02:34, 27 Juli 2008 (UTC)
Itu kan ada kalimat: "Seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari kebudayaan beraneka ragam suku-suku di Indonesia merupakan bagian integral daripada kebudayaan Indonesia." Saya tambahkan referensi yang menunjukkan keberagaman dalam integrasi ke-Indonesia-an yang utuh sebagaimana ditunjukkan pranala yang saya maksud. Apakah definisi enskiklopedis mesti terkait definisi ketika hendak melakukan sitasi? Ini 'kan kurang pas dalam konsep ensiklopedi yang mestinya eklektik? Saya pikir, jika ada pranala (dalam atau luar) yang mendukung sebuah kalimat dalam konteks yang tepat, kita perlu menambah sitasi. Jadi, jika anda melihat bahwa ada pranala lain yang dapat di-sitasi (entah di kalimat itu atau di kalimat lain dalam wikipedia) itu perlu ditambahkan. Dan itu BUKAN vandalisme, jadi mohon jangan sekenanya dihapus, bung! Sungguh saya sangat sedih dan kecewa jika penambahan pranala ini anda tuduh sebagai vandalisme... – komentar tanpa tanda tangan oleh Quicchote (b • k) pada 27 Juli 2008 04:44.
Lho Anda kan tadinya menambahkan referensi? Jika ada definisi "ABC adalah XYZ" kemudian di akhir kalimat Anda menambahkan referensi ke situs 123, di situs 123 harus tercantum definisi serupa dong. Namanya juga referensi. Kalau di 123 tidak ada atau berbeda yah tidak bisa dijadikan referensi. BTW di http://www.budaya-indonesia.org/iaci/Halaman_Utama tidak ada kalimat "Seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari kebudayaan beraneka.....". borgx(kirim pesan) 03:29, 27 Juli 2008 (UTC)
Bung BORGX yang baik, penekanan referensi itu adalah pada diversitas budaya terkait dengan definisi kebudayaan indonesia itu yang terlihat dari artifaknya. Di halaman utamanya terlihat daftar berbagai artifak yang menunjukkan keragaman itu dan itu semua budaya Indonesia. Referensi yang saya tunjukkan di situ adalah bahwa keragaman tradisional itulah yang menunjukkan budaya Indonesia, sesuai dengan tema umum dari definisi pranala Budaya Indonesia di wikipedia kita ini. Jadi referensi itu ditaruh di akhir kalimat kedua di wikipedia untuk memperjelas menunjukkan keragaman budaya tradisi dan ke-Indonesia-an sekaligus. Itu tujuan referensinya, but any way, terserah bung BORGX. Saya tidak ngotot kok, hanya keberatan ada tuduhan vandal saja, karena saya sendiri sangat menginginkan wikipedia Indonesia ini maju, up to date, dan berorientasi yang unik atas bumi Indonesia yang kita cintai. Bahwa Wikipedia Indonesia bukan sekadar terjemahan Wikipedia, tetapi memang tumbuh dan hidup dari inisiatif orang-orang Indonesia dalam lingkup common and public creativity. Salam hangat wikipedian!

[sunting]Kenetralan artikel

Menurut saya artikel ini kurang netral karena hanya membahas kebudayaan Indonesia berdasarkan dokumen atau produk hukum pemerintah Indonesia. Seharusnya artikel ini membahas budaya Indonesia dari sudut pandang pihak ketiga yang netral. Diperlukan referensi-referensi tambahan untuk memperbaiki kenetralannya. sentausa (bicara) 04:11, 15 April 2010 (UTC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar