Senin, 12 Maret 2012

Tahun 2012, Tambud Jabar Akan Pentaskan Seni Pertunjukan Rakyat


Tahun 2012, Tambud Jabar Akan Pentaskan Seni Pertunjukan Rakyat

Kadisparbud Jabar, Drs. Nunung Sobari.
Bandung, (GNI)- Di Tahun 2012 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat melalui Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat akan menggelar empat kegiatan besar diantaranya ; Pementasan Gelar Seni Jawa Barat, Pekan Seni Budaya di Taman Budaya, Revitalisasi Seni Tradisional dan Pewarisan Seni Tradisional Jabar.
Kadisparbud Jabar, Drs. Nunung Sobari, mengatakan bahwa  dari empat kegiatan tersebut di dalamnya akan menampilkan berbagai seni pertunjukan rakyat yang akan dijadwalkan dalam 11 kali pertunjukan diantaranya adalah ; Rampak Dalang, Tarling Diwayu, Sintren, Reog Dongkol, Gong Sibolong, Dewi Sri “Ngancik Leuit”, Komunitas Sastra, Wayang Landung, Paku Jajar di Gunung Karang, gelar Kampung Adat Cireundeu dan bajidoran. “program tersebut yang telah ditetapkan melalui anggaran APBD tahun 2012,” ungkap Nunung dalam jumpa pers, Selasa (07/02/2012) kemarin.

Menurutnya, bahwa Taman Budaya merupakan wadah untuk mengembangkan potensi seni budaya tradisional , kontemporer/modern yang bisa memberikan motivasi kepada para seniman yang terus bisa berkarya dan berkreasi. Selain itu, Taman Budaya Jabar juga dapat berperan sebagai tempat untuk mengaktualisasikan kearifan lokal di masyarakat. Ujarnya.

“Saya akan terus mendorong terhadap Taman Budaya jabar untuk menjadi tempat peningkatan kearifan lokal masyarakat” kata Nunung.  Taman budaya, dikatakannya,  dituntut berperan dalam pelestarian, pengembangan seni, budaya  dan turut juga mepromosikan objek wisata karena dengan kegiaatan  pertunjukkan seni ada wisatawan yang memanfaatkan kunjungan sehingga sisi pariwisata juga dapat disosilisasikan bersamaan dengan sosialisasi seni budaya.

“Jika dilihat, saat ini seni yang ada di Jabar  memang dibilang  cukup besar , sebanyak 243 seni , bahkan hasil penelitian jumlah seni di Jabar yang dapat dijadikan kegiatan pertunjukkan mencapai 300 kelompok” Tandasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar