Selasa, 13 Maret 2012

Tarian tradisional Indonesia meriahkan acara Dubai Shopping Festival ke-17 tahun 2012


Tarian tradisional Indonesia meriahkan acara Dubai Shopping Festival ke-17 tahun 2012

KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA
DUBAI – U.A.E
SIARAN PERS
No. 014/ SB / I / 2012
  
Tarian tradisional Indonesia meriahkan acara Dubai Shopping Festival ke-17 tahun 2012
Aneka tarian tradisional Indonesia yang dipentaskan oleh 11 orang penari dari grup tari T-ta Universitas Paramadina, Jakarta, mendapat kehormatan menjadi penampil pertama diantara para peserta asing dari belasan negara yang tampil memeriahkan malam pembukaan acara promosi belanja dan hiburan yang ke-17 “Dubai Shopping Festival (DSF) 2012”  di arena bazaar dan panggung hiburan Al Seef Street di daerahDubai Creek, Dubai. Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, serta segenap staf KJRI Dubai turut pula menyemangati dan menyaksikan langsung penampilan perdana grup tari Indonesia ini. Acara pembukaan DSF berlangsung dengan meriah dan dipadati ratusan warga yang menyaksikan aneka hiburan yang disajikan. Selain itu, sebagian besar warga Dubai menyaksikan pesta kembang api di langit kota Dubai yang termegah selama 17 tahun pelaksanaan DSF, dengan panjang hingga mencapai 6 kilometer dan berdurasi sekitar 5 menit lamanya yang ditempatkan di sepanjang sisi “sungai” Dubai Creek.
T-ta Universitas Paramadina merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Paramadina, Jakarta, yang berdiri sejak bulan Februari 2009 dan mengkhususkan diri di bidang kesenian tarian tradisional Indonesia. Saat ini anggotanya mencapai jumlah sekitar 55 orang mahasiswa universitas ini. Sebelum menghibur publik Dubai kali ini, grup tari ini secara internasional pernah pula tampil di Polandia tahun 2010 dalam kesempatan Walk Folk Review Integration Festival di kota Poznan dan IIF Folk Festival “WarsFolk” di kota Warsawa; tahun 2011 di Perancis dalam ajang XVIII Festival Folklore et Partage Montreal de Aude di daerah Saint GironsFestival Mondial de Folklore de Montrejeau; maupun di Spanyol dalam Festival RITE 2011 di kota Valle de Aran (Vall D’Aran).
Keterlibatan grup tari T-ta Universitas Paramadina di dalam acara DSF 2012 atas undangan resmi dari pihak pemerintah Dubai melalui institusi “Dubai Events and Promotion” (Depe) yang merupakan penyelenggara serta penanggung jawab kegiatan DSF. Institusi ini bernaung di bawah “The Department of Economic Development” Pemerintah Dubai. Selama 32 hari penyelenggaraan DSF 2012 yang akan berlangsung dari tanggal 5 Januari hingga 5 Februari 2011, T-ta Universitas Paramadina akan menghibur publik Dubai sebanyak 3 kali pertunjukkan setiap harinya di berbagai tempat pertunjukkan yang telah ditetapkan oleh panitia, yaitu bazaar dan panggung hiburan di Al Seef Street (Dubai Creek), Al Riga Street dan Emaar Boulevard, Festival Promenade-Dubai Festival City, maupun di arena Global Vilage, ajang tahunan pameran dan penjualan aneka produk yang menampilkan para pengusaha dari berbagai negara di seluruh dunia.
Selama DSF 2012 grup tari ini akan menampilkan 17 tarian tradisional maupun kontemporer Indonesia, yaitu Tari Giring-Giring dan Enggang (Kalimantan), Gandrung, Asmara dan Gopala (Bali), Sayur Asem dan Lenggang Nyai (Betawi),  Piring Cupak, Piring Sofyani, Galombang, Rantak (Minang), Bajidor Kahot (Sunda), Pesta Perang (Papua), Gambir Anom (Jawa Tengah), Topeng Kelana (Cirebon), serta Tanggai (Sumatera Selatan) dan Tari Melayu (Kepulauan Riau).
Dalam kesempatan ramah tamah dengan seluruh anggota grup tari, Konjen Mansyur menyampaikan apresiasi dan kegembiraannya atas tampilnya tim kesenian Indonesia dalam rangkaian kegiatan DSF 2012. Lebih lanjut, menyatakan bahwa undangan pemerintah Dubai bagi Indonesia untuk mengisi kegiatan pentas budaya berbagai bangsa di dunia selama pelaksanaan DSF 2012 merupakan suatu wujud dari apresiasi dan minat pemerintah serta warga Dubai akan budaya Indonesia.
Konjen Mansyur  juga menyatakan bahwa melalui partisipasi Indonesia dalam kegiatan pentas budaya khususnya tarian tradisional Indonesia ini yang akan ditampilkan sebanyak 3 kali dalam 1 hari selama 32 hari pelaksanaan DSF 2012, serta dukungan penuh dan atas koordinasi pemerintah Dubai dalam kegiatan DSF, diharapkan dapat menjadi momentum untuk lebih mendekatkan masyarakat kedua negara. Disamping itu juga diharapkan dapat lebih memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia dan mendorong peningkatan citra Indonesia yang lebih positif di Dubai serta diharapkan akan dapat lebih menggugah minat dan ketertarikan warga Dubai dan sekitarnya untuk mencari informasi lebih jauh mengenai Indonesia maupun berkunjung ke Indonesia.
Penampilan grup tari T-ta Universitas Paramadina mendapat sambutan hangat dan meriah dari ratusan warga Dubai yang menyaksikan dengan seksama dan penuh minat penampilan mereka yang pada malam pembukaan DSF 2012 kali ini menampilkan 4 buah tarian daerah Kalimantan dan Bali. Para hadirin tampak sangat menikmati dan mengagumi aneka tarian daerah Indonesia yang ditampilkan. Selain itu, segera setelah pertunjukan, sebagian warga yang hadir berebut ingin berfoto bersama para penari yang mengenakan kostum tradisional Indonesia aneka warna dan rupa. Mereka menyatakan suka citanya dapat menyaksikan penampilan tim kesenian Indonesia dan menyatakan bahwa dengan adanya penampilan ini mereka menjadi lebih mengetahui salah satu sisi budaya Indonesia dan tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai Indonesia.
Pemerintah Dubai mengemas acara tahunan DSF yang pada intinya merupakan promosi pesta diskon belanja, dipadukan dengan berbagai pentas hiburan dan atraksi lainnya di berbagai pelosok kota Dubai. Hampir seluruh pusat perbelanjaan dan pertokoan di Dubai berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selama penyelenggaraan DSF 2012 sebagian besar pusat perbelajaan di Dubai akan beroperasi hingga tengah malam setiap harinya serta akan ada ratusan pertunjukan musik, tarian dan atraksi lainnya di berbagai tempat di kota Dubai. Pada tahun 2011, DSF berhasil menyedot kehadiran sekitar 884.660 orang dari berbagai negara di kawasan Timur Tengah dan dunia dan 3,1 juta warga UAE. DSF 2011 telah memberikan kontribusi terhadap perekonomian Dubai hingga mencapai Dhs. 15,1 milyar (Sekitar US$ 4,14 milyar). Warga UAE sendiri membelanjakan uangnya selama DSF 2011 mencapai jumlah Dhs. 6,6 milyar (Sekitar US$ 1,8 milyar). Tema DSF 2012 adalah “Dubai Danat ul Dunia, Dubai the Pearl of the World (Dubai Mutiara Dunia)”.
Dubai, 6 Januari 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar