Selasa, 13 Maret 2012

PERGELARAN LOMBA TARI YOSPAN

PERGELARAN LOMBA TARI YOSPAN
9 March 2012 15:28
Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 37, tanggal 20 April 2012 Taman Mini "Indonesia Indah"  akan melaksanakan  pagelaran Lomba Yospan peserta  tingkat, SLTP dan SLTA  pada hari minggu, 25 Maret 2012 pukul 10.00 WIB,  di panggung Arsipel TMII.
 Yospan adalah tarian pergaulan /persahabatan para muda mudi . Yospan penggabungan dua tarian rakyat  yaitu Yosim dan Pancar. Yospan cukup populer dan sering diperagakan pada setiap event, acara adat, kegiatan penyambutan dan festival seni budaya, baik didalam negeri maupun diluar negeri.

Yosim adalah suatu tarian tua mirip poloneis dari dansa Barat dan berasal dari Sarmi, suatu kabupaten di pesisir utara Papua, dekat Sungai Mamberamo, namun ada juga yang mengatakan bahwa Yosim berasal dari wilayah teluk Saireri (Serui, Waropen). Sedangkan Pancar adalah suatu tarian yang berkembang di Biak Numfor dan Manokwari awal 1960-an semasa zaman Belanda di Papua, meniru pada awal sejarah kelahirannya, gerakan-gerakan "akrobatik" di udara - seperti gerakan jatuh jungkir-balik dari langit, mirip daun kering yang jatuh tertiup angin - dari pesawat tempur jet Neptune buatan Amerika Serikat yang dipakai Angkatan Udara Belanda di Irian Barat. Awal 1960-an, konflik Belanda-Indonesia seputar status kedaulatan atas Irian Barat masih berlangsung. Karena pesawat tempur ini digerakkan oleh pancaran gas (jet), maka tarian yang meniru gerakan akrobatiknya mula-mula disebut Pancar Gas, kemudian disingkat menjadi Pancar. Selain itu Pancar memperkaya gerakannya dari sumber-sumber lainnya, termasuk dari alam.
Keunikan dari tarian ini adalah pakaian, aksesoris, dan alat musiknya. Warna dan jenis pakaian yang digunakan masing-masing Grup Seni tari/sanggar seni Yospan berbeda-beda, namun ciri khas Papua untuk aksesoris hampir sama. Irama dan lagu Tari Yospan secara khusus sangat membangkitkan kekuatan untuk tarian.
Bah-Info

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar