Rabu, 14 Maret 2012

DAMPAK BADAI MATAHARI DI TAHUN 2012


DAMPAK BADAI MATAHARI DI TAHUN 2012

Dirilis oleh BHAYU pada Selasa, 10 Jan 2012
Telah dibaca 108 kali
Badai Matahari tahun 2012 tidak akan berdampak langsung pada kehidupan manusia.
BANDUNG (PAKUAN) – Isu tentang adanya bencana yang besar di tahun 2012 dan sempat diberitakan di berbagai berita ataupun di berbagai forum milis, jejaring sosial, tentang badai matahari yang akan berpengaruh terhadap Bumi berikut isinya.

Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional LAPAN kota Bandung Clara Yatini, yang ditemui disela-sela agenda kerjanya mengatakan, bahwa tahun 2012 memang di prediksi sebagai puncak dari badai matahari. Namun Clara menegaskan bahwa fenomena badai matahari tidak akan berdampak langsung kepada manusia.  

Karena hanya berdampak terhadap ganguan geo magnetik dan kepada satelit sehingga masyarakat tidak perlu terlalu khawatir.  

Badai matahari tersebut  menurut clara merupakan ledakan partikel yang berasal dari matahari dengan berkekuatan sangat besar, bahkan menurut Clara ledakanya lebih besar berkali lipat dari bom atom di Hirosima  dengan kecepatan 500 km per detik.

Lebih lanjut Clara mengatakan dampak badai matahari ada 2 yakni secara langsung dan tidak langsung. Dimana dampak yang tidak langsung, apabila ada radiasi yang masuk ke medan magnet bumi, sedangkan dampak langsungnya dimana radiasi akan mempengaruhi lapisan ion nosfher, dimana ion tersebut merupakan lapisan yang sangat penting untuk komunikasi radio ataupun satelit. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar