Minggu, 25 Maret 2012

Pengunjung berduyun-duyun saksikan kulminasi matahari Pontianak


Pengunjung berduyun-duyun saksikan kulminasi matahari Pontianak

Jumat, 23 Maret 2012 14:11 WIB | 2062 Views
Tugu Khatulistiwa di Pontianak(FOTO ANTARA/Jessica Wuysang)
 ... senang menyaksikan peristiwa alam berupa kulminasi matahari yang hanya ada di Kota Pontianak...

Pontianak, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Ratusan pengunjung, baik setempat maupun wisatawan  mancanegara, cukup antusias menyaksikan puncak peristiwa alam berupa kulminasi matahari di Tugu Khatulistiwa Pontianak, Jumat.

Cuaca cerah sangat memudahkan mereka menyaksikan kulminasi matahari di garis 0 derajad Lintang Utara/Selatan.

Pada saat peristiwa kulminasi matahari terjadi, benda yang ditancapkan tegak lurus tidak terlihat bayangannya. Pasalnya, matahari berada tegak lurus di atas kepala manusia pada tanggal 21-23 Maret pukul 11.50 WIB, dan tanggal 21-23 September jam pukul 11.38 WIB di Tugu Khatulistiwa Pontianak.

Kulminasi matahari merupakan peristiwa alam yang hanya terjadi di lima negara, antara lain di Indonesia, tepatnya di Pontianak. Ke-4 negara lain, masing-masing Afrika, yaitu Gabon, Zaire, Uganda, Kenya dan Somalia.

Di Amerika Latin, garis itu juga melintasi empat negara yaitu, Equador, Peru, Columbia dan Brazil.

Dari semua kota atau negara yang dilewati tersebut, hanya ada satu kota di dunia ini yang dibelah atau dilintasi secara persis oleh garis khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak.

Kepala UPTD Objek Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak, Misbar, "Sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB pengunjung sudah mulai ramai di Tugu Khatulistiwa yang datang untuk menyaksikan kulminasi matahari."

Ia menjelaskan, pihaknya tadi pagi menerima kunjungan sekitar 300 orang lebih dari komunitas sepeda yang ada di Pontianak bersama bapak Wakil Wali Kota Pontianak Paryadi.

Olivia (45) salah seorang pengunjung asal Semarang, mengatakan, ia dan dan keluarganya sengaja datang berlibur akhir pekan ke Kota Pontianak guna menyaksikan indahnya kulminasi matahari di Tugu Khatulistiwa tersebut.

"Anak-anak senang menyaksikan peristiwa alam berupa kulminasi matahari yang hanya ada di Kota Pontianak untuk di Indonesia," ujarnya.

Ia berharap, tahun mendatang bisa datang lagi ke Pontianak untuk menyaksikan keindahan kulminasi matahari tersebut bersama keluarganya.

"Sehingga ini menjadi ciri khusus. Karena itulah Kota Pontianak juga dikenal dengan sebutan Kota Khatulistiwa," kata Misbar.

(A057)
Editor: Ade Marboen

Pemerintah Pontianak fasilitasi wisatawan saksikan kulminasi matahari

Senin, 12 Maret 2012 14:03 WIB | 1259 Views

Pontianak (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pontianak tetap akan memfasilitasi wisatawan nasional maupun mancanegara untuk menyaksikan secara langsung kulminasi matahari--saat matahari tepat berada di garis Khatulistiwa-- di Tugu Khatulistiwa, Pontianak, pada 21-23 Maret 2012.

"Kami tetap menyediakan tribun sementara dan alat untuk melihat peristiwa kulminasi matahari," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak Helfira Hamid dalam keterangan persnya di Pontianak, Senin.

Pemerintah kota, kata dia, hanya membatalkan seremoni yang biasanya dilakukan setiap tahun  karena sedang mempersiapkan pembangunan tribun dan dermaga.

Sebelumnya, Ketua DPD Asosiasi Tur dan Agen Wisata (Asita) Provinsi Kalimantan Barat Hefni AS menyatakan kecewa karena Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak membatalkan acara seremoni kulminasi matahari di Tugu Khatulistiwa.

"Kami khawatir tidak adanya acara seremonial pada peristiwa kulminasi pada 21- 23 Maret membuat wisatawan nasional maupun mancanegara yang telanjur mendapat informasi bahwa setiap tahun selalu digelar acara serupa akan kecewa," ujarnya.(U.A057)


Editor: Maryati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar