Sabtu, 10 Maret 2012

Pesta Danau Toba 2012 Digelar 30 Juni-14 Juli


PESTA DANAU TOBA 2011Pesta Danau Toba 2012 digelar 30 Juni-14 Juli

Pematangsiantar,  Pelaksanaan Pesta Danau Toba (PDT) tahun 2012 akan digelar mulai 30 Juni hingga 14 Juli. Hal ini merupakan hasil kesepakatan rapat koordinasi diikuti 11 kepala daerah se- kawasan Danau Toba di Niagara Hotel Parapat, Rabu, (29/2).
Rapat koordinasi dilaksanakan sejalan dengan amanah PDT pada Desember tahun 2011 lalu, ketika itu Plt Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) menghunjuk Kabupaten Simalungun pimpinan Bupati Simalungun DR JR Saragih, SH, MM sebagai tuan rumah PDT 2012.
Rapat koordinasi diikuti Bupati Simalungun DR JR Saragih, SH, MM, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon, Wakil Bupati Humbahas Drs Marganti Manullang, Sekda Dairi Julius Gurning, MSi, Plh Sekda Simalungun Ir Topot Saragih SH, Kapolres Simalungun AKBP Agus Fajar, H, SIK, Dandim Simalungun Letkol Edi Setiawan, Kejari Simalungun Polin Sitanggang, SH, MH, Kadis Pariwisata Tobasa Drs Robert Pardede, Asisten II Pemkab Taput P Hutagalung.
Dalam rapat koordinasi itu. juga ditetapkan Samosir sebagai tuan rumah PDT tahun 2013 dan tuan rumah PDT 2014 terdapat dua opsi pilihan antara Kabupaten Tobasa dan Kabupaten Karo.
Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon mengatakan, pelaksanaan PDT nantinya sangat berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, karena setiap kabupaten memiliki konsep tersendiri untuk melakukan kegiatan di daerahnya masing-masing. Namun, pada intinya sejumlah kegiatan yang diperlombakan akan disatukan tempatnya di daerah tertentu.
Mangindar mengakui bangga dalam hal untuk pelaksanaan PDT nantinya Bupati Simalungun DR JR Saragih sudah melakukan jemput bola lebih awal untuk mengajak supaya dapat bekerjasama dalam pelaksanaan PDT hingga akses kelanjutannya untuk sama- sama memajukan kawasan Danau Toba dalam konsep peningkatan pariwisata.
Bupati Simalungun mengungkapkan dalam beberapa kali pelaksanaan PDT sebelumnya terkesan serimonial. Sebab, habis PDT tidak ada lagi tindak- lanjut kegiatan dalam pelaksanan konsep untuk memajukan kepariwisataan di Danau Toba yang berdampak kepada peningkatan perekonomian dari masyarakat.
JR Saragih juga menyadari, kawasan Danau Toba yang selalu diagung-agungkan tidak melulu milik Kabupaten Simalungun. Sekaitan dengan hal itu, dalam memajukan Danau Toba sudah merupakan kewajiban dari 11 kabupaten di Kawasan Danau Toba.
“Kita ingin menjadikan kekuatan pariwisata Danau Toba melalui PDT,” tandasnya.
Pada rapat itu, para pejabat daerah yang hadir juga memberikan masukan untuk disepakati bersama demi kesuksesan pelaksanan PDT 2012 nantinya, hingga PDT benar- benar suatu kalender event tetap yang harus dilakukan setiap tahun.
“Pelaksanaan PDT jangan dilakukan dengan tergesa- gesa. Sangat dibutuhkan kesiapan yang matang jauh- jauh sebelumnya,” ujar bupati.
(Analisa).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar