Sabtu, 10 Maret 2012

Tortor Sipitu Cawan Ditampilkan Di TMII Dan Taman Ismail Marzuki


Tortor Sipitu Cawan Ditampilkan Di TMII Dan Taman Ismail Marzuki


PARAPAT- Sanggar Budaya Yayasan Pusut Buhit Sakti asuhan Prof Dr Sorimangaraja Sitanggang dan Sanggar Budaya Lusido asuhan Rismon Raja Mangatur Sirait yang juga peraih juara 1 Lomba Seni Tari  dan Budaya di Pesta Danau Toba ( PDT) 2011 dipastikan akan tampil di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII) dan Taman Ismail Marzuki Jakarta 19 -21 April 2012.
Penampilan tarian tersebut juga merupakan salah satu usaha untuk mempromosikan parwisata Danau Toba di ibukota.
Rismon Sirait mengatakan, menuju penampilan di Jakarta nanti, timnya didukung Dr TB Silalahi dari Yayasan Soposurung Balige dan Forum Budaya Batak  Jakarta. “Kami akan berangkat dari Polonia Medan pada 18 April 2012,” kata Rismon.
Demikian juga disampaikan Morden Sitanggang. Menurutnya, keikutsertaan timnya ke Jakarta bukan hanya menampilkan tarian Tortor Sipitu Cawan dan atraksi Budaya Batak Toba, tetapi juga dalam rangka mempromosikan pariwisata Danau Toba. “Tujuan kita juga khusus untuk mensukseskan PDT 2012,” ujar Morden.
Disampaikannya, pihaknya memilih Tor tor sipitu Cawan karena tortor tersebut sangat spesial dan tidak semua orang yang mampu melakukannya. “Dibutuhkan kekuatan magis dan biasanya yang bisa mempraktikkannya adalah orang-orang pilihan yang bisa melakukan penyembuhan secara alami dan yang diberikan titisan oleh para leluhur,” ungkapnya.
Dalam melaksanakan misi ini, pemerintah setempat juga telah menyampaikan dukungannya kepada kedua sanggar tari ini. “Pemerintah siap mendukung kedua sanggar budaya tersebut dan sudah  disiapkan anggaran untuk memfasilitasi mereka,“ ujar Camat Ajibata Robert Gono Hutajulu SSos dan beberapa pejabat lainnya, Kadis Pariwisata Tobasa Drs Robert Pardede Msi dan anggota DPRD Tobasa

metro siantar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar