Kamis, 08 Maret 2012

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2012-REVISI


Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2012-REVISI
Written by Dit. Litabmas (P2M)   
Sunday, 26 February 2012 08:50
Nomor    : 0212/E5.4/LL/2012           
Lamp    : -
Hal    : Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2012

Kepada Yth.:
1.Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri
2.Koordinator Kopertis Wilayah I s.d. XII
3.Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta
di seluruh Indonesia

Diberitahukan dengan hormat bahwa Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dalam tahun 2012 akan menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel ilmiah. Kategori artikel yang dapat diajukan:
1.Penulisan Artikel berdasarkan Tesis dan Disertasi Pascasarjana yang dinyatakan lulus sesudah tanggal 1 Januari 2010.
2.Penulisan Artikel berdasarkan Hasil Penelitian Hibah Penelitian Ditjen Dikti yang penelitiannya diselesaikan sesudah tanggal 1 Januari 2010.
3.Penulisan Artikel berdasarkan Skim Penelitian lain.

Untuk tiap-tiap kategori dibedakan dalam artikel untuk berkala internasional (harus dalam Bahasa Inggris) dan untuk berkala nasional terakreditasi (dalam Bahasa Indonesia).

Perlu diinformasikan bahwa mulai tahun 2012 ini Ditlitabmas Ditjen Dikti tidak menanggung biaya perjalanan peserta pelatihan penulisan artikel ilmiah.
Lokasi pelatihan penulisan artikel ilmiah nasional direncanakan dilaksanakan di Malang, Yogyakarta, Garut/Bandung, Surakarta, Medan, Surabaya, Banjarmasin, Bogor, Denpasar, dan Makassar serta lokasi pelatihan penulisan artikel ilmiah internasional direncanakan dilaksanakan di Surabaya, Jakarta dan Makassar (sewaktu-waktu dapat berubah disesuaikan dengan proposal yang masuk).
Program pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kemampuan para dosen/peneliti perguruan tinggi dalam menulis artikel ilmiah yang memenuhi standar baku yang seharusnya dengan ketentuan sebagai berikut:
1.Peserta adalah Dosen Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
2.Peserta belum pernah mengikuti kegiatan sejenis dari Ditjen Dikti dan bukan Profesor;
3.Peserta telah menyiapkan naskah hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah baik sendiri maupun kelompok untuk diterbitkan dalam berkala ilmiah;
4.Naskah tersebut disiapkan sesuai dengan petunjuk penulisan artikel (gaya selingkung) berkala terakreditasi yang dituju;
5.Menuliskan nama berkala yang dituju dan melampirkan petunjuk pada penulis/guide for authors berkala yang bersangkutan;
6.Bagi peserta yang naskahnya berasal dari Tesis dan Disertasi maka Tesis dan Disertasi harus dibawa pada saat pelatihan apabila telah lolos seleksi;
7.Pelamar harus melampirkan surat pernyataan dan biodata dengan format terlampir;
8.Pelamar harus menyertakan data isian (softcopy) menggunakan compact disk dengan format yang dapat diunduh dari website http://dikti.go.id;
9.Seluruh berkas usulan diketik menggunakan kertas ukuran A4 (21 x 29,7 cm) dan dijilid dengan sampul warna biru;
10.Lamaran yang tidak memenuhi ketentuan 1 sampai 9 tidak akan dipertimbangkan untuk diseleksi lebih lanjut;
11.Peserta yang lolos seleksi akan dikirimi surat undangan dari Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi.

Berkenaan dengan hal tersebut, mohon bantuan Saudara pimpinan perguruan tinggi  untuk dapat menyampaikan kepada calon peserta di lingkungannya masing-masing dan kepada koordinator perguruan tinggi swasta mohon bantuannya untuk dapat memberitahukan kepada perguruan tinggi swasta wilayahnya masing-masing.

Berkas lamaran pelatihan penulisan artikel ilmiah yang diusulkan dibuat rangkap 2 (dua) untuk dipertimbangkan keikutsertaannya dalam program ini harus sudah diterima selambat-lambatnya 30 Maret 2012 pukul 16.00 WIB.
dengan alamat:

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung D Ditjen DIKTI Lt. 4
Jl. Pintu Satu, Senayan, Jakarta 10270
Telp.(021) 57946100 ext. 0434, 0431, 0430; Faks. (021) 5731846


Atas perhatian dan kerja sama yang dilimpahkan kami mengucapkan terima kasih.

Jakarta,  14 Februari    2012
Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

ttd

Suryo Hapsoro Tri Utomo
NIP  19560901 198503 1 003

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar