Minggu, 04 Maret 2012

Titi Sjuman Penasaran Adat Batak

Titi Sjuman Penasaran Adat Batak
Eko Hendrawan Sofyan | Selasa, 7 Februari 2012 | 11:51
KOMPAS.COM/FELICITAS HARMANDINI
Titi Sjuman gemar mengoleksi gaun terusan yang simpel dan sepatu wedges.

JAKARTA, KOMPAS.com — Bintang film sekaligus musisi, Titi Sjuman (30), mengaku penasaran dengan istilah pariban dalam adat Batak. Dia hanya tahu kalau orangtua Batak senang menikahkan anaknya dengan pariban (saudara sepupu perempuan atau anak perempuan dari kakak laki laki ayah).
Rasa ingin tahu Titi Sjuman itu berawal dari film yang dibintanginya berjudul Mursala. Di film besutan sutradara Viva Westy itu, Titi berperan sebagai pariban Anggiat. Sedangkan tokoh utama pria diperankan oleh aktor Rio Dewanto. "Saya berperan sebagai pariban Anggiat, sepupu yang boleh dinikahi. Penasaran sama pariban, tunggu saja filmnya beredar, ha-ha-ha," kata Titi saat pre-launching film Mursala di Plaza Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (4/2/2012).
Meskipun berdarah Padang, Sumatera Barat, istri musisi Wong Aksan ini tak asing dengan bahasa yang diucapkan orang Batak. Sebab, keluarganya banyak yang bermukim di Medan, Sumatera Utara.
Titi yang pernah bermain di film Mereka Bilang Saya Monyet ini mau menerima peran itu karena lokasi shooting-nya di Tapanuli, Sumatera Utara. "Aku mendukung sekali dan rnerasa bangga bisa mempromosikan potensi wisata dan budaya daerah. Salah satunya budaya Batak," kata bintang film Serdadu Kumbang yang mengeksplorasi alam Sumbawa.  
Mursala, film yang mengangkat latar budaya Batak itu adalah garapan rumah produksi Raj's Production. Menurut sutradara Mursala, Viva Westy, film nasional bertema kedaerahan memerlukan penanganan yang optimal agar menarik ditonton. Viva Westy menggunakan kamera 16 mm, bukan digital.
Sutradara itu berharap filmnya yang membawa pesan kearifan lokal itu menjadi alat promosi pariwisata di tanah Tapanuli. "Film ini bergenre drama romantis dengan para pemain utama dari Ibu Kota dan didukung sejumlah pemeran dari daerah Batak," kata Westy. (Ign)
Sumber :
Warkot

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar