Sabtu, 10 Maret 2012

Hari Jadi Sibolga yang ke-312 Tahun 2012


Seni Budaya

Sejarah perkembangan kota dan kemaritiman sangat mewarnai corak kehidupan masyarakat dan kebudayaan Kota Sibolga. Gaya hidup sehari-hari dan pola hubungan antar masyarakat menggambarkan budaya dan norma yang dianut dan diyakini oleh masyarakat. Karena didiami oleh beragam etnis, maka demikian juga kebudayaan yang berkembang di daerah ini, masing-masing membawa budaya dari daerah asalnya dan berpadu didalam kota ini serta menyesuaikan terhadap kondisi setempat.
Budaya yang berkembang umumnya dapat disaksikan pada berbagai upacara-upacara seremonial yang dilaksanakan, seperti upacara adat, perkawinan, perayaan hari-hari bersejarah, festival dan lain-lain.
Kota Sibolga dikenal dengan julukan “ negeri berbilang kaum” karena terdiri dari berbagai macam etnis. Terbilang ± 15 (lima belas) etnis yang ada di Kota Sibolga yaitu: Etnis Batak toba, Pesisir, Mandailing, Minang, Jawa, Nias, Tionghoa, Melayu, India, Simalungun, Karo, Aceh, Angkola, Padang Lawas, Bugis. Pada umunya setiap kelompok etnis di Sibolga membentuk perkumpulan yang bertujuan untuk membina kesatuan dan kebersamaan etnis tersebut. Bahkan dalam etnis-etnis tersebut masih ada perkumpulan dibawahnya seperti pekumpulan marga, perkumpulan berdasarkan daerah asal dan lain-lain.
Untuk menjaga keharmonisan hubungan antar etnis dan antar tradisi adat yang berbeda-beda maka dibentuklah Forum Komunikasi Lembaga Adat (FORKALA). Dan khusus untuk etnis Batak telah dibentuk Lembaga Adat Masyarakat Batak Sibolga Tapanuli Tengah (LAMBASA-TT) yang bertujuan untuk pengembangan adat batak di Sibolga Tapanuli Tengah serta kegiatan-kegiatan yang terkait dengan itu.

Hari Jadi Sibolga yang ke-312 Tahun 2012

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi
Sibolga yang ke-312 Tahun 2012, Pemerintah Kota Sibolga akan kembali
menyelenggarakan berbagai event yang diikuti oleh peserta dari berbagai
daerah di Indonesia dan mancanegara.
Adapun pelaksanaan berbagai event tersebut akan diselenggarakan pada :
Tanggal : 26 Maret s/d 02 April 2012
Tempat : Kota Sibolga – Sumatera Utara
Kegiatan :
- Lomba Renang Perairan Terbuka /Open Water Swimming
- Lomba Lari 10K /10 K Running
- Lomba Lari 5K Antar Pelajar Tingkat Kota Sibolga/5 K Running
- Lomba Triathlon
- Pertandingan Bola Volly pantai
juga dirangkai
- Pameran Pembangunan dan Karnaval Budaya
- Malam Panggung Hiburan Seni Budaya
- Jalan Santai
DAFTARKAN DIRI ANDA .........................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar