Senin, 05 Maret 2012

Agenda Event Budaya Kota Solo 2012

Agenda Event Budaya Kota Solo 2012

Tahun 2011 tinggal hitungan hari lagi meninggalkan kita semua. Banyak event budaya mulai dari kirab, upacara adat, pertunjukan seni serta pasar rakyat yang begitu menarik sehingga menjadikan Solo menjadi semakin terkenal di mata dunia. Bagi Solo lover yang melewatkan berbagai event budaya tersebut di tahun 2011, jangan kecewa, mulai sekarang simak dan bookmark postingan ini :) . Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah merilis agenda cultural event untuk Kota Solo di tahun 2012. Mari kita lihat, ada apa saja Solo di tahun 2012.

JANUARI 2012
Grebeg Sudiro, merupakan acara yang digelar dalam rangka memperingati dan memeriahkan Tahun Baru Imlek. Acara puncak berupa Gunungan dari ribuan kue kerancang dikirab serta puluhan peserta berbusana tradisional Jawa dan Tionghoa mengiringi dengan membawa lampion. Acara dimeriahkan dengan penampilan liong, barongsai dan kesenian lainnya. Area sekitar Pasar Gede disulap layaknya kota di China. Diagendakan tanggal 15 Januari 2012.
Sekaten, berasal dari kata Syahadatain, berarti dua kalimat Syahadat. Ritual ini untuk memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Acara dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan dan pasar rakyat/pasar malam yang dipusatkan di Alun-alun Utara Surakarta. Di Pagelaran Keraton Kasunanan biasanya terdapat pameran benda-benda pusaka dan busana serta diorama kondisi keraton Surakarta masa lalu. Sedangkan di kawasan Masjid Agung, dibunyikan seperangkat gamelan Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari serta terdapat aneka jajanan khas berupa kinang/suruh, wedhang ronde, telur amal (telur asin) dan pecut/cemeti. Semua itu mengandung hikmah untuk tertib menjalankan ibadah sembahyang, terutama Sholat. Diagendakan mulai tanggal 30 Januari – 5 Februari 2012.
======
FEBRUARI 2012
Grebeg Maulud, merupakan puncak dari perayaan Sekaten. Acara berupa keluarnya Gunungan dari Keraton Kasunanan Surakarta yang diarak menuju halaman Masjid Agung. Setelah didoakan, gunungan kemudian dibagikan kepada masyarakat. Gunungan berisi aneka hasil panen dan hasil bumi. Diagendakan tanggal 5 Februari 2012 mulai pukul 10.00 WIB – Selesai.
Festival Ketoprak, Ketoprak adalah semacam seni pentas khas Jawa, berupa sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu jawa dan iringan gamelan klasik. Dalam festival ketoprak, berbagai grup ketoprak di Solo dipentaskan bergantian selama kurang lebih 4 hari di Gedung Kesenian Balekambang. Diagendakan 17 – 21 Februari
Solo Karnaval, karnaval budaya dalam rangka memperingati hari jadi kota Surakarta. Acara kirab/karnaval di kawasan Jalan Slamet Riyadi. Diagendakan 18 Februari 2012.
Gunungan Charity Boat Race, untuk menggali potensi wisata Sungai Bengawan Solo, diadakanlah lomba perahu. Event ini sekaligus juga kampanye untuk menjaga kebersihan sungai. Diagendakan 19 Februari 2012 di kawasan Bantaran Sungai Bengawan Solo.
======
MARET 2012
Mahesa Lawung, merupakan ritual adat Keraton Kasunanan Surakarta untuk memohon keselamatan dan supaya terhindar dari segala macam mara bahaya. Upacara dengan sesajen sebuah kepala kerbau dengan uborampenya berangkat dari Gondorasan ke Bangsal Sewayana Keraton Surakarta kemudian diteruskan menuju Hutan Krendhawahana (berada 14 km arah utara Solo, daerah Gondangrejo, Karanganyar). Tempat ini dianggap sakral dan tempat bertapa para leluhur Keraton Mataram. Tanggal 22 Maret 2012 mulai jam 09 pagi.
======
APRIL 2012
Pesona Balekambang, acara berupa pameran flora dan fauna di area hutan terbuka Balekambang (belakang Manahan). Diagendakan tanggal 18 – 22 April 2012.
Bengawan Travel Mart, merupakan agenda pariwisata tahunan yang mempertemukan seller dan buyer pelaku wisata. Biasanya dihadiri para biro perjalanan wisata, baik dari dalam maupun luar negeri. Acara tanggal 28 -29 April 2012
Solo Menari, event pertunjukan tarian, baik tradisional maupun kontemporer sehari semalam di kawasan tertentu di Kota Solo. Diagendakan 29 April 2012.
======
MEI 2012
Mangkunegaran Performing Art, Event pertunjukan tari-tarian dan pentas seni khas Trah Keraton Mangkunegaran. Venue berada di Pura Mangkunegaran. Diagendakan tanggal 11 – 12 Mei 2012.
Festival Dolanan Bocah, event di kawasan Gladag ini berupa atraksi pertunjukan permainan anak-anak tempo dulu yang sampai sekarang tetap dilestarikan. Diagendakan 18 – 20 Mei 2012.
Asia Pasific Historian Conference, merupakan konferensi para pakar sejarah se-Asia Pasifik. Diagendakan tanggal 22 – 24 Mei 2012
======
JUNI 2012
Kemah Budaya, Acara kemah dalam rangka pembelajaran kemandirian para pelajar di kota Solo dalam nuansa budaya. Diagendakan 8 – 10 Juni 2012 di Lapangan Kota Barat.
Keraton Art Festival, merupakan event yang mempertunjukkan warisan budaya Keraton tangible (koleksi pusaka, artefak, dll) dan intangible (upacara adat, peragaan busana keraton, dll). Diagendakan tanggal 13 – 14 Juni 2012 di Keraton Kasunanan Surakarta
Tingalan Jumenengan Dalem ke-7 ISKS XIII, merupakan upacara peringatan kenaikan tahta SISKS Pakubuwono XIII. Dalam acara ini digelar tarian sakral Bedhaya Ketawang, yang tidak semua penari bisa melakukan dan hanya digelar dalam event yang sangat khusus. Biasanya juga terdapat pemberian gelar kebangsawanan kepada orang-orang yang dianggap berjasa kepada Keraton.
Solo Kampong Art, event yang menampilkan para seniman kampung yang memiliki kemampuan dan bakat seni tinggi. Diagendakan 16 – 20 Juni 2012
Parade Hadrah, Parade pertunjukan nyanyian-nyanyian bernada islami dan dzikir dengan iringan musik rebana dan drum ensemble. Parade ini diikuti oleh kelompok hadrah se-Solo raya dan puncak parade berada di kawasan sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Diagendakan 19 Juni 2012.
Kreasso (Kreatif Anak Sekolah Solo), merupakan ajang untuk menampilkan kreativitas anak-anak pelajar Solo, pentas seni, unjuk prestasi siswa serta pameran produk unggulan mereka. Berada di kawasan Ngarsapura. Diagendakan tanggal 24 – 26 Juni 2012.
Solo Batik Carnival, salah satu event unggulan kota Solo, berupa karnaval malam hari yang mengambil tema batik. SBC ini digelar untuk mengangkat citra batik dan Solo sebagai Kota Batik. Event ini berhasil menyedot ribuan warga untuk melihat secara dekat karnaval ini. Malam itu, Solo seperti layaknya Karnaval di Kota Rio de Jeneiro, Brazil. Diagendakan 30 Juni 2012 mulai pukul 19:00 WIB di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.
======
JULI 2012
Solo International Ethnic & Contemporary Music (SIEM), merupakan pentas seni pertunjukan yang mempertontonkan kekayaan alat musik etnik dan kontemporer. Tak hanya dari Solo, tetapi juga dari daerah-daerah lain di Indonesia serta dari Mancanegara. Diagendakan tanggal 4 – 8 Juli 2012. Venue berada di Kawasan Taman Balekambang.
Solo Batik Fashion, peragaan busana dengan bahan dasar batik dari para desainer. Diagendakan tanggal 13 -16 Juni 2012 di kompleks Balaikota Surakarta.
Pentas Wayang Orang Gabungan, pagelaran gabungan kelompok-kelompok wayang orang yang masih lestari hingga saat ini. Diagendakan tanggal 19 – 22 Juli 2012 di Gedung Wayang Orang Sriwedari
Festival Dalang Bocah, pentas wayang kulit dengan dalang anak-anak dari Kota Solo. Diagendakan 22 – 23 Juli 2012 di area Joglo, Sriwedari.
Wayang Bocah, pagelaran wayang orang yang dimainkan oleh anak-anak usia SD sampai SMP se-Jawa Tengah. Diagendakan tanggal 22 – 23 Juli 2012 di Gedung Wayang Orang Sriwedari.
======
AGUSTUS 2012
Malem Selikuran, merupakan event ritual tradisional Keraton Surakarta Hadiningrat dan masyarakat Solo untuk memperingati Nuzulul Quran. Biasanya dilakukan setiap malam ke-21 Bulan Ramadhan. Acara berupa kirab seribu tumpeng dari halaman Pagelaran Keraton menuju Taman Sriwedari yang diikuti para prajurit serta barisan lampu ting. Ritual ini diagendakan 8 Agustus 2012.
Maleman Sriwedari, event pasar rakyat di Bonrojo Sriwedari. Agenda tanggal 10 – 25 Agustus 2012
Grebeg Poso, upacara yang digelar berkaitan akan datangnya hari raya Idul Fitri. prosesi membawa gunungan dari Keraton Surakarta menuju Masjid Agung. Diagendakan tanggal 19 Agustus 2012.
Pekan Syawalan Jurug, rangkaian acara di Bulan Syawal (setelah hari raya Idul Fitri), dipusatkan di Taman Satwa Taru Jurug. Ada berbagai macam tontonan. Diagendakan tanggal 22 – 29 Agustus 2012.
Bakdan ing Balekambang, beraneka pentas seni setelah lebaran di Taman Balekambang. Diagendakan tanggal 19 – 26 Agustus 2012
======
SEPTEMBER 2012
Federation for Asian Cultural Promotion Conference, suatu event konferensi yang bertujuan mempromosikan seni dan budaya negara-negara di kawasan Asia Pasifik dalam konteks global. Diagendakan tanggal 6 – 9 September 2012
Grand Final Pemilihan Putra-Putri Solo, puncak acara dari rangkaian pemilihan putra-putri Solo, dipusatkan di Ngarsapura pada tanggal 8 September 2012.
Solo Keroncong Festival, merupakan event festival yang menampilkan para seniman keroncong nasional maupun lokal, dalam upaya melestarikan musik keroncong dan memupuk rasa nasionalisme. Diagendakan tanggal 14 – 15 September 2012.
Solo City Jazz, merupakan event festival yang menampilkan music jazz oleh para musisi Nasional maupun International.
Diagendakan 21 -22 September 2012.
Solo International Performing Art (SIPA), merupakan pagelaran seni yang menampilkan beragam tarian/performing art dengan menampikan artis-artis dari dalam maupun luar negeri. Diagendakan 28 -30 September 2012.
======
OKTOBER 2012
Solo Investation Tourism and Trade Expo (SITTEX), merupakan pameran promosi investasi, pariwisata dan perdagangan. Diagendakan tanggal 11 – 14 Oktober 2012.
Solo International Tea Festival, merupakan festival dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap minuman teh. Diagendakan tanggal 13 – 14 Oktober 2012
Grebeg Pangan, acara kirab dari Purwosari – Sriwedari yang dilakukan ribuan orang dengan mengarak lima gunungan raksasa yang berisi aneka makanan sehat. Makanan tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat. Diagendakan tanggal 14 Oktober 2012.
Solo Culinary Festival, pameran masakan tradisional jawa yang dipadukan dengan masakan kontemporer berbasis resep masakan tradisi jawa. Diagendakan tanggal 14 – 16 Oktober 2012.
Pasar Seni Balekambang, menyuguhkan pentas seni, budaya maupun lukisan yang merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Taman Balekambang. Diagendakan tanggal 25 -28 Oktober 2012.
Grebeg Besar, merupakan ritual tahunan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. Acara berlangsung di depan Masjid Agung. Puncak acara ditandai saat hajad Dalem Gunungan dibawa dalam prosesi dari keraton menuju Masjid Agung. Puncak acara diagendakan 26 Oktober 2012
======
NOVEMBER 2012
Javanesse Theatrical, merupakan pementasan teater jawa yang dimainkan oleh remaja-remaja usia SMA se-Jawa Tengah. Diagendakan tanggal 9 – 11 November 2012
Kirab Apem Sewu, suatu hajatan kirab yang digelar oleh warga Kampung Sewu, Jebres. Kampung Sewu merupakan sebuah kawasan yang berada di tepian Sungai Bengawan Solo. Sebanyak seribu apem ( kue khas yang berbentuk pipih) diarak sekeliling kampung dalam berbagai wadah dan bentuk. Diagendakan 11 November 2012.
Bengawan Solo Gethek Festival, merupakan festival naik gethek (rakit) menyusuri Sungai Bengawan Solo. festival ini mengusung tema transportasi air di Bengawan Solo tempo dulu. Beranekaragam gethek dihias sedemikian rupa dan dengan pertunjukan seni yang menarik. Diagendakan 11 November 2012
Kirab Malam 1 Sura, perayaan tahun baru Jawa. ada dua event upacara ritual di Dalem keraton. Di Mangkunegaran dilakukan jamasan (pencucian) benda pusaka kemudian dikirab mengelilingi Pura Mangkunegaran. berbeda dengan di Keraton Kasunanan, ritual malam 1 Sura dilakukan kirab benda-benda pusaka mengelilingi benteng keraton dengan diikuti beberapa Kebo bule Kyai Slamet sebagai cucuk lampah (pengawal rombongan kirab). Di sini warga biasanya berebut tlethong (kotoran kerbau) dari Kyai Slamet karena dipercaya membawa berkah. Agenda diperkirakan tanggal 16 – 17 November 2012 mulai pukul delapan malam sampai dini hari.
Wiyosan Jumenengan SP KGPAA Mangkoe Nagoro IX,merupakan peringatan naik tahta KGPAA Mangkoe Nagoro IX, Penguasa Pura Mangkunegaran, Solo. Dalam acara ini digelar tarian sakral Bedhaya Anglir Mendung. Diagendakan tanggal 25 November 2012.
======
DESEMBER 2012
Pesta Budaya dan Kembang Api Malam Tahun Baru, atraksi budaya dan pesta kembang api dalam menyongsong Tahun baru 2013. Diagendakan 31 Desember 2012.
==============
Agenda sewaktu-waktu mungkin bisa berubah. Bagi yang berminat Calendar of  Cultural Event Solo 2012 bisa mengunduh di sini. Ayo lunga menyang Solo. Solo – The Spirit of Java :)
Sumber : surakarta.go.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar