Minggu, 04 Maret 2012

Pesta Budaya Batak di TB. Silalahi Center

Pesta Budaya Batak di TB. Silalahi Center

Rabu, 05-05-2010 13:36:52 oleh: Biliater Situngkir
Kanal: Peristiwa

Kebudayaan adalah jati diri yang dimiliki orang masing masing budaya sesuai dengan kultur yang dimiliki, dan pada zaman sekarang ini kebudayaan daerah sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Mengingat semakin minimnya minat generasi muda terhadap kebudayan maka kita wajib mengembangkan dan memumculkan kembali tentang kebudayaan yang kita miliki,.
TB. Silalahi Center dalam ulang tahunnya yang kedua bersamaan dengan ulang tahun bapak TB. Silalahi yang ke 72, maka pada kesempatan ini pula TB. Silalahi Center mengadakan Pesta Budaya Batak yang menampilkan berbagai perlombaan yang sangat bermanfaat bagi generasi muda. Kegiatan tersebut dilaksanakan di TB.Silalahi Center Jl. Pagar Batu No. 88 Balige pada tanggal 16 April s/d 18 April 2010. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah lomba Maraton, lomba manortor, lomba martumba tingkat anak-anak, lomba Marhasapi (kecapi), lomba mangandung (meratap), lomba paduan suara, lomba maminta gondang, lomba renang dan lomba menangkap ikan. Pada kesempatan tersebut ditampilkan pula tari tradisional batak seperti tari saowan (cawan) dan tari tortor tunggal panaluan.
Acara yang berlangsung sangat meriah dan memiliki nilai penting bagi perkambangan budaya batak dan pada acara tersebut hadir pula Bapak Letjen. Purn. TB. Silalahi dan para pejabat kabupaten yang diundang  pada acara tersebut seperti Bupati Tobasa, Bupati Samosir dan Bupati Tapanuli Utara dan berbagai unsur pemerintah daerah setempat.

Acara ini dilakukan mengingat para generasi muda sudah mulai meninggalkan nilai budaya Batak khususnya dan bertujuan untuk menggugah dan mengajak para generasi muda agar mau mencintai budaya dan melestarikan budayanya.
Dra. Masrina R. Silalahi sebagai Ketua Umum TB. Silalahi Center yang pada acara ini  juga sebagai Ketua Panitia Pesta Budaya Batak sangat antusias untuk mengembangkan Museum TB. Silalahi Center dan ingin mengembangkan  juga memperkenalkan budaya Batak Toba khususnya kepada para  generasi muda (pelajar) agar para generasi muda cinta akan budayanya sehingga ia sangat berusaha keras demi suksesnya acara yang dilakukan. Sosok wanita yang satu ini sangat tepat memimpin TB. Silalahi Center karena beliau adalah orang yang cerdas dan bersemangat dalam pengembangan budaya Batak khususnya demi perkembangan dan kemajuan TB.Silalahi Center dan dari peninjauan yang kami lakukan bahwa Dra. Masrina R. Silalahi ingin menerapkan sistem Teknologi Digital pada  TB. Silalahi Center yang nantinya akan menunjang pelayanan kepada para pengunjung dengan tampilan yang menarik dan berbasis teknologi sehingga TB, Silalahi Center dapat bersaing dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Di samping acara pesta budaya Batak tersebut, Bapak TB. Silalahi juga mempresentasikan perencanaan pengembangan TB. Silalahi Center kepada para pejabat daerah yang nantinya diharapkan dapat mendukung pembangunan dan pengembangan TB.Silalahi Center tersebut.
Adapun juara-juara dalam perlombaan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut  :
Lomba Tortor Juara I SMA Sisada Tahi Pandinggaran Lumbanjulu Tobasa, Juara II SMAN 1 Balige dan Juara III SMKN Balige
Lomba Maminta Gondang Juara I SMA Sisada Tahi Pardinggaran Lumbanjulu , Juara II SMAN 1 Balige dan Juara III SMAN 1 Pintu Pohan Meranti.
Lomba Martumba Juara I SDN 5 Balige, Juara II SD HKBP Balige dan  Juara III SD Sanfransiska Balige. Lomba Paduan Suara Juara I SMA HKBP 2 Tarutung,  Juara II SMKN 1 Laguboti dan Juara III SMAN 2 Balige.
Lomba Mangandung Juara I Manginar Sitorus, Juara II Luser Sianipar dan Juara III Novita Hutagaol.
dan pada acara ini terdapat juara istmewa yaitu Rahel Siahaan SD 173225 Balige.
Lomba Marhasapi juara I Artia Manurung dari Laguboti,  Juara II Indra Sibuea dari Labugoti dan Juara III Letur Sitorus dari Balige.
Pembagian hadiah dilakukan pada hari minggu 18 April 2010 di depan Gedung TB. Silalahi Center  dan ditutup oleh Bapak TB. Silalahi yang dihadiri oleh Sekda Prov. Sumut (RE. Nainggolan), Direktur Museum Direktorat Permuseuman (Dra. Intan Mardiana, M.Hum), Plt. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sumut, (Sudarno), Kepala Museum Negeri Prov. Sumut (Dra. Sri Hartini, M.Si)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar