Selasa, 17 April 2012

Siswa Nyontek, Guru Pura-Pura Tak Tahu


Siswa Nyontek, Guru Pura-Pura Tak Tahu

Selasa, 17 April 2012 09:58 wib
Sejumlah peserta UN mencontek di ruang ujian. (Foto: Bulan Sri Indra/okezone)
Sejumlah peserta UN mencontek di ruang ujian. (Foto: Bulan Sri Indra/okezone)
BONE - Hari pertama Ujian Nasional (UN) di kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), diwarnai kecurangan. Walau dijaga oleh tenaga pengawas pada setiap ruangan, sejumlah peserta ujian Bahasa Indonesia itu masih terlibat aksi mencontek. 
 
Aksi mencontek ini tertangkap kamera di salah satu ruang ujian di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Watampone, Kabupaten Bone, Sulsel. Sejumlah peserta ujian dengan berani melakukan aksi mencontek, serta tanpa beban asyik berdiskusi dan melihat jawaban temannya. Mereka bahkan berkomunikasi menggunakan gerakan-gerakan tangan seakan tidak ada pengawas di ruangan tersebut.
 
Sementara pengawas ruangan yang sedang bertugas seakan sengaja tidak melihat dan tidak peduli aksi sejumlah siswa, bahkan terkesan merestui aksi tersebut. 
 
Suasana UN di sekolah lainnya, STM Veteran Watampone, diwarnai dengan absennya tiga siswa UN dari total 99 peserta UN. 
 
“Mereka absen karena menikah, sedang menjalani proses hukum, dan yang seorang lagi tidak memberi kabar,” kata Kepala STM Veteran Watampone, Bambang. 
 
Bambang mengimbuhkan, secara umum, pelaksanaan UN di sekolah ini berjalan lancar. Dia pun berharap, hingga hari terakhir, UN dapat berjalan lancar dan siswanya dapat lulus dengan nilai memuaskan. 
(Bulan Sri Indra Maya/Sindo TV/rfa)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar