Rabu, 11 April 2012

Melihat Pembuatan Telor Asin dari Limbangan Wetan Brebes


Melihat Pembuatan Telor Asin dari Limbangan Wetan Brebes









Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? telor ini rasanya asin, makanya disebut dengan telor asin. Umumnya telor asin dibuat dari telor bebek. Proses pembuatannyapun cukup lama, mencapai 15 hari. Kami sempat menyambangi tempat pembuatan tolor asin di Desa Limbangan Wetan, Brebes, Jawa Tengah. Beruntung kami menjunpai Mas Udin yang sudah 10 tahun menekuni pekerjaannya sebagai pembuat telor asin.

Mas Udin tengah sibuk memilah telor bebek yang kemudian dipisah-pisahkan. Telor yang bagus (kondisinya tidak retak) kemudian di masukkan kedalam bak berisitanah dan batu bata yang sudah dihaluskan kemudian ditambahkan garam dan air. Telor pilihan yang sudah dilumuri adonan asin ini kemudian dientaskan dan dimasukkan kedalam kotak. ?Setelah dilumuri, kita tunggu sampai 15 hari supaya asinnya meresap? Ujar Mas Udin menjelaskan. ?Setelah itu dicuci sampai bersih, baru kita rebus selama 5 jam? lanjutnya.

Proses perebusan di tempat ini menggunakan kuali besar yang dapat menampung sampai dengan 800 telor. ?satu kuali ini isinya sampai 800 butir? Ujar Mas Udin seraya menilik telor asin yang tengah menjalani proses pematangan.

Telor asin ini selain untuk memenuhi kebutuhan local, juga sebagian dikirim ke Jakarta. Satu butir telor asin yang sudah siap santap, harganya berkisar antara Rp. 1.700,- sampai dengan Rp. 2.000,-. Cukup murah bukan?.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar