Senin, 16 April 2012

Kids Batik Competition 2012 Lomba ''Nyolet'' Batik di IBC


SUARA PANTURA
16 April 2012
Kids Batik Competition 2012 Lomba ''Nyolet'' Batik di IBC
 0
 
  0
KEGIATAN perdana Kids Batik Competition (KBC) 2012 yang digelar International Batik Center (IBC) Pekalongan Minggu kemarin berlangsung meriah.

Sebanyak 125 siswa dari berbagai daerah mengikuti lomba mewarnai dengan menggunakan cat batik dan media kain yang dipusatkan di Pendapa IBC di Jalan Raya Ahmad Yani, Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. KBC 2012 yang digelar IBC bekerja sama dengan Suara Merdeka, Batik Pesisir, Satoe Hati Production, dan Indonesia Explorer, itu menampilkan berbagai kegiatan kompetisi anak di bidang batik. 

Di antaranya lomba membatik Anak dan Workshop Batik (15 April), Pameran Batik Anak dari para peserta lomba dan Festival Dolanan Anak (22 April), dan Fashion Show Anak (28-29 April). 
Dalam kegiatan perdana kemarin para peserta yang datang tidak hanya dari Kota dan Kabupaten Pekalongan, namun juga dari daerah lain seperti Pemalang, Batang bahkan dari Semarang.

Biasanya anak-anak TK mewarnai dengan menggunakan crayon atau pensil warna, namun dalam lomba kemarin mereka menggunakan potongan bambu yang dibuat seperti kuas untuk mewarnai dengan menggunakan obat pewarna batik. Teknik mewarnai seperti itu dalam budaya Batik Pekalongan disebut nyolet atau colet.

Panitia telah lebih dulu membatik kain dengan canting dengan aneka gambar seperti kura-kura dan bunga. Selanjutnya para peserta berlomba mewarnai kain itu dengan teknik nyolet atau colet.

Para peserta yang semuanya adalah siswa TK dan play grup nampak menikmati kegiatan itu. Sementara para orangtua menyaksikan di tepi pendapa. Sebagian anak terlihat lincah  mewarnai dengan menggunakan colet, namun banyak juga yang terlihat bingung karena tidak terbiasa. Hasil lomba itu selanjutnya akan dipamerkan di ruang pamer IBC pada 22 April bersamaan dengan kegiatan Festival Dolanan Anak dan workshop membatik anak.  (Muhammad Burhan-48)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar