Rabu, 08 Februari 2012

Adat-istiadat Kuningan

Adat istiadat daerah kuningan

Kuningan merupakan daerah yang memiliki banyak budaya dan adat istiadat, diantaranya, batik tulis Paseban, tari buyung, tari buncis, tari rudat, upacara seren taun, benda-benda peninggalan purbakala berupa kapak batu, menhir, altar pemujaan, dan peti kubur, serta ukiran-ukiran yang terdapat di setiap ruang Gedung Paseban Tri Panca Tunggal yang memiliki arti simbolik.
Karena keragaman budaya itulah, Kuningan menjadi salah satu kabupaten dengan objek pariwisata terbanyak di Jawa Barat. Jumlah tempat pariwisata di Kuningan kurang lebih sekitar 33 objek wisata. Selain keragaman budaya, faktor geografis Kuningan yang terletak di Gunung Ciremai membuat wilayah ini dibanjiri curug, sungai, dan berbagai arena adventure yang menantang.
Posted in Uncategorized | 1 Comment

Peta Lokasi Objek Wisata Cibulan


Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kondisi Perjalanan

Jalan masuknya yang lebar sudah diaspal. Meski masih kasar, sudah cukup nyaman untuk dilewati kendaraan bermotor. Angkutan umum menuju salah satu tujuan wisata andalan di Kabupaten Kuningan tersebut juga sangat mudah didapatkan.
Posted in menuju objek wisata | Leave a comment

LOKASI CIBULAN

OBYEK wisata Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jabar, sekitar 28 kilometer sebelah selatan Kota Cirebon atau 7 kilometer di utara Kota Kabupaten Kuningan. Lokasi kolam-kolam Cibulan terletak 300 meter masuk ke barat dari Jalan Raya Cirebon-Kuningan.
Posted in menuju objek wisata | Leave a comment

LINGKUNGAN SEKITAR

Keadaan lingkungan di sekitar Kolam-kolam sangat bersih karena airnya yang sangat bersih yang bersumber dari pegungunan dan dikelilingi pohon-pohon besar tersebut setiap dua minggu sekali dikuras. Pengurasan paling membutuhkan wakktu sekitar tiga jam. Kolam tersebut tidak pernah kering sepanjang tahun. Air di Cibulan selalu bersih, bening, sejuk, dan melimpah, meskipun pada musim kemarau panjang. Itulah sebabnya, selain sebagai tempat rekreasi, Cibulan juga dijadikan sebagai sumber air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan dan dimanfaatkan Pertamina untuk memasok kebutuhan air bersih di dua kompleks miliknya, yaitu Padang Golf Ciperna di Kota Cirebon, dan Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) di Klayan, Kabupaten Cirebon.
Posted in APA YANG ADA DI SANA | Leave a comment

FASILITAS

Tempat rekreasi itu dilengkapi dengan fasilitas khas tempat pemandian, seperti tempat ganti pakaian, tempat bilas, dan kamar mandi/WC. “Kami menyediakan 30 kamar ganti, 6 kamar kecil, dan 2 kamar mandi untuk tempat bilas seusai berenang di kolam. Padang Golf Ciperna di Kota Cirebon, dan Kantor Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) di Klayan, Kabupaten Cirebon. Kolam Cibulan juga menjadi sumber pendapatan bagi penduduk Desa Manis Kidul dengan menjadi pedagang asongan atau membuka warung makan di sekitar tempat itu. Saat ini terdaftar 20 warung permanen di luar kompleks kolam dan 14 pedagang asongan resmi yang diizinkan berjualan di dalam kompleks kolam. Mereka kebanyakan menjual minuman ringan dan makanan kecil serta makanan ikan berupa kacang atom. Disekitar lokasi juga terdapat hotel sehingga memudahkan pengunjung untuk beristirahat dan semakin dekat ke lokasi rekreasi.
Posted in APA YANG ADA DI SANA | Leave a comment

SEJARAH

Menurut cerita yang berkembang di kalangan Masyarakat Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan. Konon ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.
Pemandangannya pun tidak kalah ajaib. Sesekali, guguran daun-daun yang sudah menguning tertiup angin dan bertaburan di permukaan air kolam yang berwarna hijau, memantulkan bayangan pepohonan. Dan di bawah permukaan air yang bening, puluhan ikan berwarna abu-abu kehitaman berenang ke sana ke mari. Itulah ikan kancra bodas (Cyprinus carpio), yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat dengan sebutan Ikan Dewa.
Posted in APA YANG ADA DI SANA | Leave a comment

Transportasi

Jalan masuknya yang lebar sudah diaspal. Meski masih kasar, sudah cukup nyaman untuk dilewati kendaraan bermotor. Angkutan umum menuju salah satu tujuan wisata andalan di Kabupaten Kuningan tersebut juga sangat mudah didapatkan. Dari Cirebon, pengunjung dapat menumpang mobil angkutan umum jenis Elf, dengan tarif hanya berkisar Rp 2.000-Rp 2.500 per orang.
Posted in menuju objek wisata | Leave a comment

CIBULAN

MEMASUKI kawasan Taman Wisata Cibulan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar), orang akan disambut dengan suasana damai khas kawasan pedesaan. Tempat yang teduh di bawah naungan pepohonan rindang dan udara yang sejuk, membuat siapa pun yang berkunjung merasa tenteram dan damai. Angin berhembus semilir, membawa gemerisik suara daun-daun yang bergesekan dari gerumbul pepohonan lebat di sisi taman. Suara itu, dan suara kecipak air di dua kolam besar berbentuk persegi panjang seolah-olah menjadi satu-satunya suara yang terdengar di tempat itu. OBYEK wisata Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jabar, sekitar 28 kilometer sebelah selatan Kota Cirebon atau 7 kilometer di utara Kota Kabupaten Kuningan. Lokasi kolam-kolam Cibulan terletak 300 meter masuk ke barat dari Jalan Raya Cirebon-Kuningan.Di dalamnya terdapat dua kolam besar berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran panjang 35 meter dan lebar 15 meter dengan kedalaman air sekitar 2 meter. Kolam kedua berukuran 45 x 15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dengan kedalaman air 60 sentimeter dan bagian kedua dengan kedalaman air sekitar 120 sentimeter
Meski semuanya itu dihuni puluhan ikan-ikan kancra bodas berbagai ukuran, mulai dari yang sepanjang 20-an sentimeter hingga hampir 1 meter, kolam-kolam di Cibulan dibuka sebagai kolam pemandian umum. Keistimewaan lain yang dimiliki Cibulan adalah keberadaan tujuh mata air yang dikeramatkan bernama Keramat Sumur Tujuh di sudut barat obyek wisata tersebut. Tujuh mata air berbentuk kolam-kolam kecil itu bernama Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pangabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar