Jumat, 13 April 2012

Pelajar SMA Berikrar Tak Menyontek


13 April 2012 | 19:10 wib
Pelajar SMA Berikrar Tak Menyontek
 0
 
  3
BANDUNG, suaramerdeka.com - Belasan pelajar SMA di Bandung mengucap ikrar tak akan berbuat curang dalam pelaksanaan ujian nasional pada 16-19 April mendatang di depan Gedung Sate Bandung, Jumat (13/4).
Aksi unjuk rasa tersebut dimaksudkan pula untuk mengingatkan masyarakat tentang kejujuran sebagai nilai luhur yang harus dipegang teguh.
"Siap menyelesaikan UN dengan jujur. Karena jujur itu...," kata korlap Fadly Akbar (SMAN 5) yang kemudian disambut kompak rekan-rekannya, "Indonesia!"
Selain ikrar, dalam kegiatan yang lebih banyak diikuti siswi itu dibentangkan pula banyak poster pengingat agar menjauhi tindakan curang.
Bunyinya di antaranya "Nyontek Itu Dosa", "Indonesia Tanpa Nyontek", "Gimana Mau Lulus SNMPTN Kalau UN Saja Masih Nyontek", "Lestarikan Budaya Asli Indonesia, Kejujuran", "Saya Prihatin", dan "Berani Jujur Itu Baik".
Usai aksi, Fadly menyatakan bukan hal aneh jika pelaksanaan UN kerap diwarnai kabar kecurangan seperti beredarnya kunci jawaban. Menurut dia, praktek tersebut harus dihentikan.  
 
"Budaya contek bisa dibilang sebagai cikal bakal korupsi juga. Karena itu, lebih baik kami menjaga komitmen untuk jujur, sikap kami jelas," katanya.
( Setiady Dwi / CN34 / JBSM
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com 
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerryhttp://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar