Selasa, 17 April 2012

Gempa 5,8 SR, Peserta UN Berhamburan


Gempa 5,8 SR, Peserta UN BerhamburanPDFPrint
Tuesday, 17 April 2012
LUWU – Gempa bumi berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR) melanda wilayah Malili dan sekitarnya, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), pukul 10.00 Wita, kemarin.

Gempa ini membuat warga panik. Tak hanya warga yang berhamburan keluar rumah. Ratusan siswa SMA/SMK yang tengah mengikuti Ujian Nasional (UN) juga berlarian keluar dari ruangan ujian. Berdasarkan situs Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika (BMKG), gempa mengguncang Lutim terjadi sekitar pukul 10.11 Wita,di 2.59 Lintang Selatan (LS) dan 121.85 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman gempa 10 kilometer. Pusat gempa berada di titik 82 kilometer tenggara Lutim, 97 kilometer tenggara Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), dan 104 kilometer timur laut Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

BMKG juga menyebutkan, gempa Lutim tidak berpotensi tsunami. Dari pantauan SINDO, ratusan siswa SMAN 1 Malili ikut merasakan guncangan gempa di saat mereka penuh konsentrasi mengerjakan soal-soal UN. Para pengawas dan guru juga ikut panik dan kabur meninggalkan ruangan ujian. “Getaran gempa berlangsung sekitar tujuh detik dan keras sehingga kami lari meninggalkan ruangan UN. Kami takut terjadi apa-apa,” kata Kasmawati, salah seorang siswa SMAN 1 Malili.

Kadis Pendidikan Lutim Ismail mengungkapkan,saat terjadi gempa,pelaksanaan UN tengah berlangsung di sejumlah SMA/ SMK dan sekolah sederajat lainnya di Lutim.Meski peserta UN di beberapa sekolah, seperti SMAN 1 dan SMAN 2 Malili keluar kelas ketika terjadi gempa, pelaksanaan UN tetap berlangsung tanpa kendala berarti. “Gempanya sempat mengganggu UN beberapa menit karena siswa panik dan keluar kelas,” katanya di Malili,kemarin. Kepanikan juga dialami staf dan sejumlah anggota DPRD dan pejabat Pemkab Lutim.

Mereka memilih keluar dari ruangan dan berkumpul di halaman kantor DPRD. Padahal, saat terjadi gempa, DPRD Lutim tengah menggelar rapat paripurna dengan agenda pandangan fraksi DPRD ten-tang LKPj Bupati Lutim. Sekitar 10 menit setelah gempa,rapat paripurna kembali dilanjutkan.Rapat paripurna dihadiri sejumlah pejabat teras Pemkab Lutim, termasuk Bupati Lutim Andi Hatta Marakarma MP. chaerul baderu/ abdul aziz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar