Jumat, 02 Maret 2012

Pengertian Budaya dan Kebudayaan 4

Pengertian Budaya dan KEBUDAYAAN
Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. Buday bersifat kompleks, abstrak, dan luas.Budaya juga terbentuk dari berbagai unsur. Misalnya agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, dan karya seni. Kebudayaan sendiri berarti sesuatu yang akan mempengaruhi tingkap pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga kebudayaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari bersifat abstrak.
KEBUDAYAAN diantara MASYARAKAT
Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan atau sub-kultur, yaitu sebuah kebudayaan yang memilki sedikit perbedaan dalam hal prilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena perbedaan umur, ras, etnis, kelas, agama, pekerjaan, pandangan politik, dan lain-lain. Beberapa cara yang dilakukan masyarakat kita terhadap imigran dan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan aslinya.
  • Monokulturalisme
  • Leitkultur (kebudayaan inti)
  • Melting pot
  • Multikulturalisme
KEBUDAYAAN Menurut WILAYAH
Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, sangat tinggi keterkaitannya dengan kebudayaan-kebudayaan di dunia saat ini. selain itu kebudayaan juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi, migrasi, agama. contohnya:
  • Afrika : beberapa kebudayaan di afrika terbentuk karena penjajahan dari eropa, seperti sub-sahara.
  • Asia : memiliki kebudayaan yang berbeda satu samalain, meskipun begitu beberapa dari kebudayaan tersebut memiliki pengaruh yang menonjol terhadap kebudayaan lain. salah satunya pengaruh kebudayaan tiongkok kepada kebudayaan jepang, vietnam, dan korea.
  • Timur Tengah dan Afrika Utara : kebudayaan di timur tengah dan afrika utara sangat dipengaruhi oleh nilai dan norma agama islam. Meskipun tidak hanya agama islam yang berkembang di wilayah ini.
  • Amerika : dipengaruhi oleh suku-suku asli benua amerika


http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya#Pengertian_kebudayaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar