Rabu, 02 Mei 2012

Kondisi Menkes Kritis

Suara Merdeka
BERITA UTAMA

02 Mei 2012
Kondisi Menkes Kritis

JAKARTA - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dilaporkan dalam kondisi kritis. Ia kini dirawat di ruang intensif (ICU) RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.
"Kondisi Menkes masih kritis," kata staf Menkes, Dewi, Selasa (1/5) malam. Ia menambahkan, keluarga Menkes sudah berada di RSCM untuk mendampingi. Namun ketika ditanya bagaimana persisnya kondisi Menkes Endang, Dewi menolak menjawab. 

"Saya tidak bisa memberi info, maaf," kata dia.
Semalam, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II datang menjenguk. Di antaranya, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh.
Endang menderita kanker paru-paru sejak Oktober 2010. Sudah satu setengah tahun dia berjuang mengatasi rasa sakit tersebut.

Ia menjalani pengobatan, baik di dalam maupun luar negeri, sembari terus menjalankan tugas-tugasnya. Dua minggu lalu, Menkes yang merasa tubuhnya nyeri meminta dirawat di RSCM untuk menjalani radioterapi intensif.
Kamis (26/4), Endang mengirimkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai menteri kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Untuk sementara, Wakil Menkes Ali Gufron Mukti menggantikan posisinya. 
Pekan lalu, RSCM mengakui bahwa tidak ada perkembangan berarti menyangkut kondisi Endang Rahayu sejak dirawat dua pekan lalu.

Dirut RSCM, Akmal Taher, mengatakan, pihaknya tak bisa memprediksi kapan Endang pulih dan keluar rumah sakit. "Ibu Endang dalam keadaan sadar penuh, bisa berkomunikasi, namun masih perlu perawatan intensif," ujar dia. 
"Dibanding minggu lalu, belum ada perbaikan berarti, tapi bukan semakin buruk." (F4,viva-43)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar