Kamis, 24 Mei 2012

Mazda dan Fiat Rakit Model Roadsters


foto
Mazda MX-5 Black Tuned Special Edition. (Dok. Mazda)

Mazda dan Fiat Rakit Model Roadsters  

TEMPO.COTokyo - Dua pabrikan mobil besar, Mazda Motor Corp Jepang dan Fiat Group Italia, berkongsi memproduksi model sedan roadster. Sedan sport dua penumpang ini rencananya dijual dalam merek Alfa Romeo dan Mazda.

Versi roadster dua pabrikan ini rencananya dipasarkan pada 2015. Untuk pasar Amerika Serikat, model ini dijual dengan merek Alfa Spider. "Mobil ini menandai kembalinya masa kejayaan model kendaraan sport dua penumpang," demikian pernyataan manajemen Fiat seperti dikutip dari Autonews, Kamis, 24 Mei 2012.

Sedangkan Mazda berencana meluncurkan model ini sebagai pengganti dari roadsterlegendaris mereka, Mazda MX-5/ Miata. Rencananya, sedan ini dirakit di pabrik Mazda di Hiroshima dan dipasarkan di wilayah Asia. "Proyek ini merupakan langkah penting bagi kami," kata CEO Mazda Takashi Yamanouchi.

Fiat dan Mazda akan merampungkan nota kesepakatan proyek ini pada akhir semester pertama 2012. Namun keduanya tak menyebutkan nilai anggaran yang bakal dikucurkan dalam pengembangan model roadsterini.

Saat ini tim insinyur kedua perusahaan tengah mendesain model roadsterkembar tersebut. Beberapa keunggulan yang dikembangkan yakni desain yang ikonik, bobot yang ringan, serta rekayasa teknologi penggerak roda belakang (rear wheel drive) yang efisien.

Belum diketahui mesin jenis apa yang akan dipasang, namun Mazda menyatakan roadster baru ini mengambil basis dari model MX-5.MX-5, yang dipasarkan pertama kali pada 1989, merupakan model roadsterterlaris di dunia. Guinness Book of Record bahkan menobatkan sedan dua penumpang ini sebagai mobil sport terbaik dan paling banyak beredar di pasaran pada tahun 2000.

Bagi Mazda, kerja sama semacam ini amat penting untuk mendongkrak volume penjualan mereka di seluruh dunia. Sebelumnya pabrikan yang bermarkas di Distrik Fuchu, Hiroshima, ini bermitra dengan Toyota Motor Corp dalam mengembangkan teknologi drivetrain hibrida. Tahun lalu, Mazda juga menjadi penyuplai varian MPV untuk Nissan Motor Co. Nissan memasarkan varian Mazda5 sebagai MPV luks mereka di Jepang.

FERY FIRMANSYAH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar