Sabtu, 26 Mei 2012

Tips Perawatan Sepeda Motor Honda


Tips Perawatan Sepeda Motor Honda
Tribun Manado - Senin, 16 April 2012 22:02 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Kevrent Sumurung
TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Motor honda baik jenis matic maupun non matic , mulaiHonda Scoopy hingga Honda New Mega Pro , tetap harus mendapatkan perawatan optimal agar tetap awet dan nyaman dipakai.
Ada 7 point dasar yang perlu diperhatikan pengendara motor agar performance motor Honda kesayangan tetap terjaga. Ronald Manueke, Brand Communication PT Daya Adicipta Wisesa memberikan 7 tips tersebut kepada konsumen motor Honda. 
1. Bahan Bakar
Sesuaikan jenis bahan bakar yang digunakan dengan tipe mesin motor, untuk lebih gampangnya bisa kamu lihat di buku petunjuk yang didapat ketika membeli motor.

2. Ban
Selalu cek tekanan ban secara berkala, misalnya seminggu sekali atau setiap kali ingin berpergian. Tidak lupa untuk mengganti ban setiap 3-5 ribu kilometer, berkendara dengan kondisi ban yang gundul sangatlah beresiko apa lagi ketika kamu berjalan di jalan yang licin.

3. Oli Mesin
Ganti Oli mesin secara berkala, baiknya oli mesin diganti sesuai petunjuk. Gunakan oli mesin yang sesuai atau rekomendasi pabrik. Untuk motor Honda, kamu bisa pilih AHM Oil yang sangat direkomendasikan. Kondisi oli mesin bisa kamu cek sendiri, oli mesin yang sudah jelek biasanya berwarna hitam pekat dan sudah berkurangnya kelenturan daya lumas.

4. Baterai / Accu
Selalu pantau ketinggian air accu, bila air accu mendekati batas minimum segera isi kembali. Untuk accu kering, bila daya listrik sudah mulai melemah, segera ganti accu dengan yang baru. Karena jika tidak, arus listrik yang dihantarkan menjadi tidak sempurna dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu.

5. Busi
Perhatikan kondisi busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah kendaraan bermesin termasuk motor. Perhatikan juga kondisi tutup busi dan kabel koil agar arus listrik yang terhubung ke busi dapat berjalan sempurna.

6. Lampu
Cek kondisi lampu depan, belakang, dan lampu sen setiap kali akan berpergian. Bila salah satu lampu tidak menyala berarti terdapat kerusakan pada lampu tersebut atau pada kabel yang mengaliri arus listrik dari accu.

7. Spare Parts / Suku Cadang
Selalu gunakan spare parts orisinil / suku cadang asli Honda (Honda Genuine Part) untuk motor honda kesayangan kamu, karena tentunya spare parts orisinil seperti Honda Genuine Parts lebih 
awet, terjamin kualitasnya, dan ramah lingkungan.
Dan pastikan perawatan Sepeda Motor Honda anda dilakukan di Jaringan Bengkel Resmi Honda yaitu AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang memiliki mekanik Handal dengan layanan prima. (kev)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar