Sabtu, 26 Mei 2012

Gina Rinehart Wanita Terkaya di Dunia


Aneka - Hari ini Pkl. 00:06 WIB
Gina Rinehart Wanita Terkaya di Dunia
(int). Gina Rinehart
Miliarder asal Australia Gina Rinehart dinyatakan sebagai wanita terkaya di dunia menurut majalah bisnis Business Review Weekly (BRW). Kekayaan pengusaha tambang ini bertambah tiga kali lipat menjadi 29,17 miliar dolar atau setara Rp268,36 triliun.
Rinehart, pemilik Hancock Prospecting Pty Ltd, mengokohkan posisi yang ditempatinya setahun lalu. Pada 2011, wanita yang mendapatkan warisan perusahaan tambang dari ayahnya, Lang Hancock, ini memiliki kekayaan 10,31 miliar dolar. Kini, pundi-pundi harta Rinehart terus membengkak 598 dolar per detik atau lebih dari USD1 juta setiap setengah jam atau USD52 juta per hari.

"Dengan kekayaan sebesar itu, dia dapat membelikan dua iPad untuk 22,9 juta warga Australia atau menghapus kelaparan dunia selama setahun. Jika itu belum cukup, dia dapat memainkan game monopoli menggunakan semua rumah mewah di lokasi paling mahal di Australia, Wolseley Road, Point Piper," ungkap laporan koran Sydney Morning Herald.

Jika peningkatan kekayaannya tersebut konsisten, pengusaha bernama lengkap Georgina Hope Rinehart ini diperkirakan bakal menembus posisi puncak daftar orang dengan harta paling banyak di dunia.

"Ada kemungkinan nyata dia tidak hanya akan menjadi wanita terkaya, melainkan juga manusia terkaya di dunia," kata editor Daftar Wanita Terkaya Dunia versi BRW Andrew Heathcote.

Dengan kata lain, Rinehart diperkirakan dapat melampaui kekayaan taipan telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim Helu. Carlos Slim adalah orang terkaya di dunia saat ini dengan nilai kekayaan mencapai 69 miliar dolar atau setara Rp634,8 triliun.

"Kekayaan sebesar 100 miliar dolar akan berada di tangan Rinehart jika ledakan (permintaan) sumber daya alam berlanjut terus," tutur Heathcote.

Terdongkrak

BRW menyebutkan, pundi-pundi harta Rinehart memang terdongkrak permintaan pasar akan sumber daya alam yang sangat tinggi. "Meningkatnya aliran investasi asing ke berbagai proyek baru dan naiknya jumlah produksi serta membaiknya harga bijih besi dalam enam bulan terakhir mendorong peningkatan kekayaan para pengusaha tambang," papar laporan BRW.

Tidak seperti banyak ahli waris kekayaan lainnya, Rinehart tidak hanya mempertahankan pundi-pundi uangnya, tetapi juga melipatgandakan jumlahnya sepanjang waktu. Hanya berselang 20 tahun, saat dia pertama kali masuk dalam daftar wanita terkaya BRW dengan kekayaan 75 juta dolar, kini hartanya 386 kali lipat lebih besar. Kekayaan tersebut tidak diperolehnya dengan mudah.

Rinehart termasuk harus berjuang menghadapi tuntutan hukum tiga dari empat anaknya, yakni John Hancock, Bianca Rinehart, dan Hope Welker, yang menuntut dirinya dikeluarkan sebagai wali kekayaan keluarga.

Selain menjadi wanita terkaya di dunia, Rinehart sudah pasti terkaya di tempat asalnya. Bagi mereka yang masuk dalam daftar orang paling kaya di Australia, ada yang mengalami peningkatan kekayaan, tetapi sebagian besar mengalami tahun sulit dengan 104 orang kehilangan kekayaannya. 

"Ketidakpastian sepanjang waktu itulah yang mungkin terlihat dari berkurangnya kekayaan orang-orang dalam daftar ini, antara 5 juta dolar hingga 210 juta dolar," ungkap Heathcote.

Di bawah Rinehart, terdapat pedagang komoditas kelahiran Afrika Selatan Ivan Glasenberg dengan kekayaan sebesar 7,4 juta dolar. 

(ozc/bh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar