Rabu, 23 Mei 2012

Subtitusi Kampas Kopling Motor Sport Yamaha, Byson Paling Beda


Rabu, 23 Mei 2012 09:05 WIB
Tips Mesin

Subtitusi Kampas Kopling Motor Sport Yamaha, Byson Paling Beda

Tiga motorsport Yamaha Punya dimensi kampas kopling sama persis
Tiga motor sport Yamaha yaitu Scorpio, V-ixion dan Byson punya dimensi kampas kopling sama. Lingkar dalam, luar serta jumlah kaki yang nggak beda jauh. Makanya dianggap bisa saling tukar. Eit…, mesti diluruskan. Meski dimensi sama, belum tentu bisa saling tukar. Semua part memiliki bentuk, desain tapak kampas dan jumlah kampas berbeda.

“Yang bisa subtitusi cuma kampas kopling Scorpio ke V-Ixion. Meski beda part number dan jumlah kampas kopling yang dipakai. Apalagi selisih harganya juga lumayan, bisa lebih dari setengah. Bahkan dilihat detail, diameter kampas kopling Scorpio punya kelebihan pada bahan yang sedikit lebih tebal. Pasti lebih lebih kuat karena kapasitas mesin Scorpio lebih gede,” ucap Zaky dari Cineng Motor di Jl. HOS Cokroaminoto, Batas Kreo, Ciledug, Tangerang.
Lebar tapak kampas Byson lebih kecil dan celahnya renggang
Lanjut Zaky, misal kode part kampas V-ixion 3C1-E6321. Satu set dijual 5 lapis dengan harga satuan sekitar Rp 80 ribu. Sedang kampas kopling Scorpio dengan kode 5BP-E6321, bisa dibeli kepingan (ketengan), satunya sekitar Rp 30 ribuan. Kalau cuma pakai 5 keping Rp 150 ribu.

Nah, paling beda sekali kampas kopling Yamaha Byson yang berjumlah ada 4 keping. Meski kapasitas silinder sama dengan V-ixion dan memiliki diameter kampas kopling sama, perbedaan mencolok bentuk tapak kampas kopling yang punya part number 21C-E6331 itu.

“Waktu dibongkar, tapak kampas kopling Byson lebih kecil sehingga jumlahnya banyak. Serta memiliki celah antar kampas sedikit renggang daripada punya Scorpio atau V-ixion. Dijual seperti V-ixion yang satu set,” timpal A. Ketut Hargunanto, mekanik Pro Tunner di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kagin, Denpasar.

Paham kan.  (motorplus-online.com)  
Penulis : KR15 | Teks Editor : KR15 | Fotografer : GT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar