Rabu, 30 Mei 2012

Jalur Kereta Cirebon-Brebes Rampung Tahun Ini


foto
TEMPO/Eko Siswono Toyudho

Jalur Kereta Cirebon-Brebes Rampung Tahun Ini  

TEMPO.COJakarta - Pemerintah menargetkan pengerjaan jalur kereta api Cirebon-Brebes sepanjang 62 kilometer bisa selesai tahun ini. Realisasi pengerjaan jalur dinilai sudah tidak ada permasalahan lagi. “Lahan sudah tidak ada masalah,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan, Rabu, 30 Mei 2012.

Dalam dua tahun, proyek pembuatan jalur ganda lintas utara harus sudah selesai. Total dana yang dibutuhkan untuk merampungkan proyek ini sebesar Rp 9,8 triliun. Dana ini digunakan untuk pembebasan lahan serta pembangunan jalur kereta dan peralatan telekomunikasi.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, saat ini jalur kereta api Jakarta-Surabaya memiliki panjang 727 kilometer. Saat ini baru terbangun jalur ganda sepanjang 295 kilometer. Sisanya yaitu sepanjang 432 kilometer masih berupa jalur tunggal. Pemerintah menargetkan pembangunan ini selesai pada akhir 2013.

Pembangunan jalur Cirebon-Brebes diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 1,2 triliun, Pekalongan-Semarang sepanjang 90 kilometer yaitu Rp 2,1 triliun, Semarang-Bojonegoro sepanjang 175 kilometer sebesar Rp 4,6 triliun, dan Bojonegoro-Surabaya sepanjang 105 kilometer membutuhkan dana Rp 1,9 triliun.

Tahun ini, pemerintah hanya memiliki anggaran dana 3,75 triliun untuk membangun jalur ganda kereta api lintas Utara Jawa. Total kebutuhan dana pembangunan jalur kereta api ganda di lintas Utara Jawa sebesar 9,8 triliun.

Pembangunan jalur ganda lintas Utara Jawa terdiri atas rute Cirebon-Brebes dengan panjang 62 kilometer, Pekalongan-Semarang sepanjang 90 kilometer, Semarang-Bojonegoro sepanjang 175 kilometer, dan Bojonegoro-Surabaya sepanjang 105 kilometer.

Selain untuk mengurangi kepadatan dan kerusakan jalan raya, pembangunan jalur ganda ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dan meningkatkan kapasitas lintas jalur kereta api dari 64 kereta api per hari menjadi 200 kereta api per hari. "Adanya jalur ganda juga untuk mempercepat waktu tempuh."

I WAYAN AGUS PURNOMO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar