Rabu, 23 Mei 2012

Menteri Perdagangan Siap Temui Petani Bawang Brebes


23 Mei 2012 | 19:15 wib
Menteri Perdagangan Siap Temui Petani Bawang Brebes
 0
 
  0
BREBES, suaramerdeka.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dijadwalkan akan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Brebes, Jumat (25/5). Ia siap menemui para petani dan pedagang bawang merah untuk menyerap aspirasi terkait persoalan perdagangan bawang merah yang dihadapi. Selain berdialog dengan petani, Menteri juga akan melakukan kunjungan lapangan ke areal tanama bawang di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba.
"Sesuai jadwal, Meteri Perdagangan akan melakukan kunker ke Brebes Jumat. Ia akan menemui petani dan pedagang bawang merah di Brebes," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Brebes, Drs Atmo Tan Sidik, Rabu (23/5).
Dia mengatakan, kedatangan Menteri Perdagangan itu lengkap bersama rombongannya. Terdiri dari, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Ardiansyah Parman, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Gunaryo dan Drjen Perdagangan Luar (Daglu) Kemendag Deddy Saleh.
Kujungan menteri ke Brebes itu sebagai bentuk respon dan perhatian atas berbagai aspirasi yang telah disampaikan terkait dengan perdagangan bawang merah. Karena itu, menteri rencananya akan berdialog langsung bersama sekitar 50 petani dan pedagang bawang di Pendapa Kabupaten. Sebelumnya, menteri akan meninjau langsung areal tanaman bawang di Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba. "Melalui kunjungan itu, menteri akan berupaya mencari solusi yang ampuh bagi perdagangan bawang merah," katanya.
Lebih lanjut dia mengatakan, terkait perdagangan bawang merah itu, Pemkab Brebes sudah mengeluarkan Peraturan Bupati terkait pengendalian peredaran bawang impor. Peraturan itu merupakan bentuk perhatian dan perlindungan Pemkab terhadap para petani dan pedagang bawang. Mengingat, akibat membanjirinya bawang impor di pasaran Brebes, harga bawang lokal jatuh. Hal itu membuat petani dan pedagang mengalami kerugian besar.
"Hari ini rapat persiapan menyambut kedatangan Menteri Perdagangan itu telah kami laksanakan, dipimpin langsung Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian Budi Dwi Hasto," terangnya.
( Bayu Setiawan / CN32 / JBSM )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar