Sabtu, 26 Mei 2012

Wah, Mobil Irit Mahasiswa Targetkan 2.000 Km/Liter

Jumat, 25/05/2012 17:45 WIB

Wah, Mobil Irit Mahasiswa Targetkan 2.000 Km/Liter

Dadan Kuswaraharja - detikOto
img


Jakarta - 18 Tim mahasiswa dari 9 perguruan tinggi siap bertarung di ajang lomba hemat energi Shell Eco-maraton 2012 pada bulan Juli nanti.

Terdiri dari 8 mobil berkategori prototipe dan 10 mobil urban, mahasiswa memilih berbagai bahan bakar/sumber energi mulai dari bensin dan FAME (Fatty Acid Methyl Ester 100% semacam bahan bakar biodiesel) sampai baterai listrik dan Fuel Cell (hydrogen) di tahun ini.

Tim dari ITS menargetkan bisa menembus angka konsumsi BBM 2.000 km per liter. Tim Cikal dari ITB dan Arjuna dari UI telah selangkah lebih maju tahun ini karena mereka membangun 'Plug-in electricity’ atau mobil listrik.

Setelah menang dalam kategori UrbanConcept berbahan bakar bensin di SEM Asia 2011, ITB mantap untuk berkiprah di kelas kategori kendaraan bertenaga baterai listrik yang mereka pandang sebagai teknologi kunci masa depan transportasi.

"Cakrawala adalah mobil listrik pertama yang kami bangun, kami mempelajari proses desain dan konstruksinya sendiri, namun dengan konsultasi intensif dengan para dosen kami. Tentunya keinginan kami adalah untuk menjadi salah satu yang terbaik dalam kategori UrbanConcept untuk kelas e-mobility," kata Purwindro Tjokrodipo, manajer tim Cikal Electric yang membuat mobil listrik Cakrawala.

Berbeda dengan Cikal Cakrawala, tim Arjuna dari UI akan bersaing di kategori Prototype untuk e-mobility.

"Kami merasa terdorong untuk mengembangkan sumber energi baru untuk transportasi masa depan," klaim Dimas Aji, tim manajer Arjuna. Mobil mereka, Keris V.4, ditargetkan mencapai 350km/kWh.

Sementara itu Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung yang merupakan peserta baru dari Indonesia di SEM Asia mengembangkan Kanayakan, sebuah kendaraan UrbanConcept yang berbahan bakar bensin.

"Tantangan terbesar dalam mengerjakan mobil ini adalah pengelolaan tim secara keseluruhan. Terutama merencanakan jadwal kerja yang akan sesuai dengan jadwal kelas, kerja praktek, dan tentunya batas waktu dari SEM Asia."

"Karena tahun ini adalah kali pertama USU berpartisipasi dalam SEM Asia, target kami tahun ini adalah untuk lulus inspeksi teknis dan keselamatan agar bisa bertanding dalam sirkuit. Kami yakin bahwa mobil kami, Mesin-USU, akan siap untuk setiap tantangan yang muncul di Sepang," ujar Munawir Siregar dari tim HORAS USU. Horas juga akan berpartisipasi pada kategori UrbanConcept dengan bahan bakar bensin.

Berikut data kendaraan masing-masing tim mahasiswa:

1. ITS Sapu Angin-Mesin ITS 6

  • Spesiikasi
  • Sasis: Alloy aluminium
  • Body/Shell: Fiberglass/polyurethan foam
  • Dimensi (PxLxT): 280 cm x 75 cm x 65 cm
  • Wheelbase 135 cm
  • Berat 35 kg tanpa pengemudi
  • Mesin PEV-03 (Paijo Evolution 3, 65 cc)
  • Bahan Bakar Bensin
  • Target konsumsi BBM 2.000 Km/liter
  • Dosen: Dr Wawan Aries Widodo

2. ITS Sapu Angin 7-Mesin ITS 7



  • Sasis: Alloy aluminium
  • Body/Shell: Fiberglass/polyurethan foam
  • Dimensi (PxLxT): 260 cm x 125 cm x 115 cm
  • Wheelbase 160 cm
  • Berat 100 kg tanpa pengemudi
  • Mesin diesel 210 cc
  • Bahan Bakar FAME 100 persen
  • Target konsumsi BBM 300 Km/liter
  • Dosen: Ir Witantyo

3. ITS Antasena

  • Sasis: aluminium
  • Body/Shell: serat karbon/fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 250 cm x 70 cm x 70 cm
  • Wheelbase 165 cm
  • Berat 40 kg tanpa pengemudi
  • Mesin Fuel Cell (MefDEA 1 KW)
  • Sumber energi hidrogen
  • Target konsumsi BBM 2.000 Km/KWh
  • Dosen: Sutarsis ST MSc, Eng

4. UGM Semar Prototipe

  • Sasis: Alloy aluminium
  • Body/Shell: Serat komposit
  • Dimensi (PxLxT): 280 cm x 65 cm x 100 cm
  • Wheelbase 188 cm
  • Berat 60 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 4 langkah 80 cc
  • Sumber energi bensin
  • Target konsumsi BBM 200 km per liter
  • Dosen: Dr Jayan Sentanuhady

5. UI Keris V.3-Nakoela



  • Sasis: Monocoque
  • Body/Shell: Fiber
  • Dimensi (PxLxT): 273 cm x 80 cm x 80 cm
  • Wheelbase 187 cm
  • Berat 60 kg tanpa pengemudi
  • Mesin Honda 110 cc
  • Sumber energi bensin
  • Target konsumsi BBM 1.000 Km/liter
  • Dosen: Dr Ario Sunar Baskoro


6. UI Keris V.4 -Arjuna



  • Sasis: monocoque
  • Body/Shell: Fiber
  • Dimensi (PxLxT): 273 cm x 80 cm x 80 cm
  • Wheelbase 187 cm
  • Berat 55 kg tanpa pengemudi
  • Motor listrik
  • Target konsumsi BBM setara 350 km/KWh
  • Dosen Dr Ir Danardono A.S

7. UI Kalabia-Sadewa

  • Sasis: aluminium alloy
  • Body/Shell: fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 235 cm x 125 cm x 110 cm
  • Wheelbase 140 cm
  • Berat 90 kg tanpa pengemudi
  • Mesin Shogun 125 cc
  • Bahan bakar bensin
  • Target konsumsi BBM 200 km per liter
  • Dosen: Prof Dr. Ir. Bambang Sugiarto M Eng

8. Politeknik Negeri Jakarta: Karina



  • Sasis: Cast iron hollow
  • Body/Shell: Fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 250 cm x 130 cm x 130 cm
  • Wheelbase 148 cm
  • Berat 160 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 25 cc
  • Sumber energi bensin
  • Target konsumsi BBM 200 km per liter
  • Dosen: Fuad Zainuri

9. USU: Mesin USU-Horas



  • Sasis: aluminium alloy
  • Body/Shell: fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 250 cm x 120 cm x 110 cm
  • Wheelbase 110 cm
  • Berat 180 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 110 cc
  • Sumber energi bensin
  • Target konsumsi BBM 200 km per liter.
  • Dosen: Dr Himsar Ambarita
10. ITB: Cikal Cakrawala



  • Spesifikasi
  • Sasis: aluminium
  • Body/Shell: serat karbon
  • Dimensi (PxLxT): 270 cm x 130 cm x 120 cm
  • Wheelbase 100 cm
  • Berat 130 kg tanpa pengemudi
  • Motor listrik DLDC
  • Target konsumsi BBM setara 90 Km/KWh
  • Dosen: Dr Ir Agus Purwadi

11. ITB Rakata UEV EV.2 Rakata

  • Sasis: Full Monocoque
  • Body/Shell: Fiber carbon
  • Dimensi (PxLxT): 288 cm x 56 cm x 77 cm
  • Wheelbase 104 cm
  • Berat 60 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 85 cc
  • Bahan Bakar Etanol
  • Target konsumsi BBM 600 km per liter
  • Dosen: Hisar Pasaribu Ph.D

12 ITB Cikal Cakrasvarna- Cikal

  • Sasis: Aluminium
  • Body/Shell: Serat karbon
  • Dimensi (PxLxT): 270 cm x 120 cm x 128 cm
  • Wheelbase 100 cm
  • Berat 130 kg tanpa pengemudi
  • Mesin ICE 110 cc
  • Bahan Bakar bensin
  • Target konsumsi BBM 130 km/liter
  • Dosen: Dr Sangriyadi Setio

13 ITB: Garuda -Cikal Diesel



  • Sasis: aluminium
  • Body/Shell: serat karbon
  • Dimensi (PxLxT): 280 cm x 110 cm x 130 cm
  • Wheelbase 187 cm
  • Berat 130 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 219 cc bensin
  • Target konsumsi BBM 200 km per liter
  • Dosen: Prof Wiranto Arismunandar

14. Polnep: Khatulistiwa Line 2-Mesin Polnep 2



  • Sasis: St42
  • Body/Shell: Fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 280 cm x 70 cm x 70 cm
  • Wheelbase 180 cm
  • Berat 40 kg tanpa pengemudi
  • Mesin Honda 100 cc
  • Bahan bakar bensin
  • Target konsumsi BBM 1.500 km/liter
  • Dosen: Denny Wiyono ST


15. Polnep: Khatulistiwa Line 3-Mesin Polnep 3



  • Sasis: St42
  • Body/Shell: Fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 235 cm x 125 cm x 110 cm
  • Wheelbase 140 cm
  • Berat 90 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 110 cc
  • Bahan bakar bensin
  • Target konsumsi BBM 300 km per liter
  • Dosen: Topan Prihantoro ST

16. Polman Bandung: Kanayakan-Kanayakan 21



  • Sasis: Steel
  • Body/Shell: Fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 280 cm x 125 cm x 120 cm
  • Wheelbase 105 cm
  • Berat 135 kg tanpa pengemudi
  • Mesin ICE 125 cc
  • Bahan bakar bensin
  • Target konsumsi BBM 600 km/liter
  • Dosen: Endjang Patriatna ST

17. UPI: Sangkuriang Medal-Boemi Siliwangi



  • Sasis: Aluminium
  • Body/Shell: Fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 275 cm x 75 cm x 110 cm
  • Wheelbase 110 cm
  • Berat 80 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 125 cc
  • Bahan bakar bensin
  • Target konsumsi BBM 110 km/liter
  • Dosen: Dr Wowo Sunaryo M.Pd

18. UPI Tumang Medal-Putra Siliwangi

  • Sasis: Aluminium
  • Body/Shell: Fiberglass
  • Dimensi (PxLxT): 240 cm x 110 cm x 130 cm
  • Wheelbase 135 cm
  • Berat 150 kg tanpa pengemudi
  • Mesin 125 cc
  • Bahan bakar bensin
  • Target konsumsi BBM 300 km/liter
  • Dosen: Dr Wowo Sunaryo M.Pd

2 komentar:

  1. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! mobil cepat

    BalasHapus
  2. harga honda civic 201423 April 2014 17.56


    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Honda Civic 2014

    BalasHapus