Rabu, 23 Mei 2012

Penemu Remote TV Meninggal Dunia


Penemu Remote TV Meninggal Dunia

Susetyo Dwi Prihadi - detikinet
Rabu, 23/05/2012 16:20 WIB

Eugene Polley (Ist)
Chicago, AS - Kabar duka menyelimuti dunia inovasi teknologi. Penemu perangkat yang memungkinkan orang untuk menonton TV tanpa harus bangun untuk mengganti saluran, yang biasa dikenal remote TV, telah meninggal dunia.

Penemu bernama Eugene Polley ini merupakan insinyur yang mengembangkan alat kontrol televisi pertama secara nirkabel. Dia meninggal dunia di usia 96 tahun di Chicago, Amerika Serikat.

Polley adalah seorang insinyur yang bekerja untuk Zenith Electronics pada tahun 1955 ketika ia menciptakan sebuah kotak genggam yang menunjukkan 'seberkas cahaya' di televisi.

Kotak itu membiarkan pemirsa mengubah saluran, mengecilkan volume, mematikan atau menghidupkan TV tanpa harus bangun dan berjalan ke TV-nya.

Selama bertahun-tahun, remote control TV menjadi inovasi yang membawa efek besar bagi dunia teknologi.

Dalam 47 tahun karirnya sebagai seorang insinyur, Polley memperoleh 18 paten di AS. Inovasi lainnya meliputi tombol push-button di radio mobil dan cakram video atau yang dikenal dengan CD, yang juga 'nenek moyang' dari DVD. Demikian yang detikINET kutip dari Cellular News, Rabu (22/5/2012).



( asy / ash )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar